Menpora Usahakan Timnas U-23 Lawan Guinea Digelar Terbuka

Minimal terbuka untuk WNI di Paris

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berkata, tengah mengupayakan agar laga play-off Olimpiade 2024 antara Timnas U-23 lawan Guinea digelar secara terbuka.

Dito berujar, setidaknya dia ingin agar para diaspora yang ada di Prancis, terutama Paris, bisa hadir menyaksikan laga itu. Meski dia tahu, tiket untuk laga pasti tidak akan dijual secara umum.

"Kami sedang usahakan agar diaspora maupun masyarakat (WNI) di wilayah Paris bisa hadir, meski memang tiket tidak dijual untuk umum," kata Dito kepada para jurnalis di Kemenpora, Minggu (5/5/2024).

1. Yang datang hanya undangan untuk federasi

Menpora Usahakan Timnas U-23 Lawan Guinea Digelar TerbukaMenpora RI, Dito Ariotedjo saat ditemui di Kantor Kemenpora, Kamis (2/5/2024). (IDN Times/Tino).

Dito berkata, laga nanti berpotensi tetap ada penonton. Tetapi, hanya mereka yang mendapat undangan via federasi-lah yang bisa hadir. Jadi, siapa yang dapat undangan, dia yang dapat jatah untuk menonton.

"Saya jujur baru diinformasikan kemarin, untuk penonton di Paris itu tidak terbuka untuk umum. Hanya sebagai undangan antar federasi, tapi memang tetap bisa ditonton oleh para pendukung melalui undangan federasi," kata Dito.

Baca Juga: Timnas U-23 Tanpa Justin Hubner Lawan Guinea, Nathan Ikut

2. FIFA umumkan laga ini tertutup

Menpora Usahakan Timnas U-23 Lawan Guinea Digelar TerbukaTimnas U-23 lawan Irak di Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Sebelumnya, FIFA memang sudah mengumumkan laga Timnas U-23 lawan Guinea di Clairefontaine, Prancis ini digelar secara tertutup. Otoritas keamanan tidak mengizinkan laga digelar secara terbuka, dengan alasan menjaga keamanan jelang Olimpiade.

"FIFA+ akan menyiarkan pertandingan tertutup Indonesia lawan Guinea secara langsung pada 9 Mei," tulis FIFA lewat pernyataan resminya.

3. Tiket terakhir menuju Olimpiade 2024

Menpora Usahakan Timnas U-23 Lawan Guinea Digelar TerbukaTimnas U-23 lawan Irak di Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Laga play-off Olimpiade 2024 ini jadi cara terakhir Timnas U-23 untuk bisa lolos ke Olimpiade. Di Piala Asia U-23 2024, Rizky Ridho dan kolega gagal masuk tiga besar usai kalah dari Uzbekistan di semifinal, dan Irak di perebutan tempat ketiga.

Meski begitu, Guinea adalah lawan yang tak bisa dianggap remeh. Berstatus peringkat empat Piala Afrika U-23 2023, mereka kini menempati peringkat ke-76 FIFA, jauh di atas Indonesia. Diprediksi, laga nanti tidak mudah bagi Timnas U-23.

Baca Juga: Kesempatan Terakhir Timnas U-23 Menuju Olimpiade 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya