Menuju Piala Dunia, Timnas Amputee Indonesia Jalani Pelatnas

Timnas Amputee Indonesia mulai bersiap

Jakarta, IDN Times - Timnas Amputee Indonesia telah memulai pemusatan latihan (pelatnas) di Lapangan Sports Club Serenia Mansion, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2022). Pelatnas ini merupakan rangkaian persiapan menuju Piala Dunia Sepakbola Amputasi yang akan digelar di Turki.

"Waktu tiga bulan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempersiapkan pemain Timnas Amputee Indonesia agar bisa memberikan penampilan terbaik di Turki nanti," kata Ketua Umum Perkumpulan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI), Yudi Yahya, dalam keterangan resminya.

1. Timnas Amputee Indonesia akan mempersiapkan diri

Menuju Piala Dunia, Timnas Amputee Indonesia Jalani PelatnasTimnas Indonesia Amputee. (instagram.com/inaf_official)

Pelatih Timnas Amputee Indonesia, Bayu Guntoro, menyebut dirinya akan mempersiapkan tim sebaik mungkin agar bisa bersaing di Piala Dunia nanti. Bahkan, dia ingin membawa Timnas Amputee Indonesia merebut gelar juara.

"Memang persaingan sangat ketat terutama datang dari tim tuan rumah Turki, Polandia, dan Inggris. Tetapi, saya pribadi punya target untuk membawa Timnas Sepakbola Indonesia bisa mengangkat Piala," kata Bayu.

Baca Juga: Kabar Baik, Timnas Indonesia Amputee Lolos ke Piala Dunia

2. Kemenpora beri dukungan pada Timnas Amputee Indonesia

Menuju Piala Dunia, Timnas Amputee Indonesia Jalani PelatnasTimnas Indonesia Amputee. (instagram.com/inaf_official)

Lebih lanjut, Perkumpulan Sepakbola Amputee Indonesia (PSAI) mengucapkan terima kasih kepada Menpora Zainudin Amali. Kemenpora membiayai pelatnas Timnas Amputee Indonesia ini sampai tiga bulan ke depan.

"Kami bersyukur Kemenpora ikut memberikan dukungan sehingga pelatnas Timnas Amputee Indonesia untuk menghadapi Piala Dunia bisa berjalan selama tiga bulan," kata Bayu.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Chandra Bhakti, mengatakan jika pihaknya tak hanya mengucurkan dana untuk pelatnas Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia saja, Kemenpora juga akan memantau seluruh persiapan Timnas Amputee Indonesia.

"Kemenpora akan terus memantau sekaligus memastikan pelatnas Timnas Sepakbola Amputasi berjalan dengan baik. Dan, Kemenpora berharap mereka bisa meraih prestasi maksimal saat tampil di Turki nanti," kata Chandra.

3. Timnas Amputee Indonesia akan mentas di Piala Dunia

Menuju Piala Dunia, Timnas Amputee Indonesia Jalani PelatnasTimnas Indonesia Amputee. (instagram.com/inaf_official)

Timnas Amputee Indonesia lolos ke putaran final Piala Dunia Sepakbola Amputasi. Mereka lolos dari babak Kualifikasi Zona Asia Timur yang berlangsung di Dhaka, Bangladesh, beberapa waktu lalu itu.

Dari tiga laga yang dijalani, Timnas Amputee Indonesia meraih kemenangan atas Bangladesh (8-0) dan Malaysia (3-0) dan sekali kalah dari Jepang dengan skor 0-2, di Stadion Kamalapur, Dhaka, Bangladesh, Maret lalu.

Menyandang status sebagai runner-up, Timnas Amputee Indonesia berhak atas satu tiket di putaran final Piala Dunia Amputasi yang akan berlangsung di Turki, Oktober 2022.

Baca Juga: Menpora Minta Timnas Indonesia Amputee Masuk 10 Besar di Piala Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya