Comscore Tracker

Menyuarakan Kesetaraan Pria-Wanita Lewat Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga dengan dimensi yang luas

Jakarta, IDN Times - Sepak bola sebagai olahraga memiliki dimensi yang luas. Tidak hanya bicara soal performa di atas lapangan, ada banyak hal yang sejatinya bisa dilakukan oleh sepak bola, termasuk menyuarakan kesetaraan antara pria dan wanita.

Alhasil, menilik hal tersebut, British Council berkolaborasi bersama PSSI membentuk sebuah sarana kolaborasi bernama Digital Collaborative Football Forum: Football for Art. Di dalamnya, ada juga diskusi mengenai cara bagaimana semestinya wanita mendapatkan peran lebih aktif dalam sepak bola.

"Perkembangan sepak bola wanita di Indonesia luar biasa. Namun, perempuan tetap kurang terwakili secara signifikan, tidak hanya di lapangan sebagai pemain, di pinggir lapangan sebagai pelatih dan pendidik pelatih, tetapi juga dalam posisi eksekutif di industri sepak bola," ujar Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins dalam jumpa pers virtual, Selasa (23/3/2021).

"Melalui forum ini, saya berharap kita semua dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa peluang bagi perempuan dalam sepak bola dapat meningkat, membuat sepak bola lebih tersedia dan dapat diakses dengan lebih mudah,” lanjut dia.

Baca Juga: Prihatin Tawuran, Tim Sepakbola Ini Kampanyekan Sepakbola Persaudaraan

1. Sepak bola adalah cara kreatif membangun budaya

Menyuarakan Kesetaraan Pria-Wanita Lewat Sepak BolaInstagram.com/zahmuz12

Jenkins mengamini bahwa dimensi sepak bola tidaklah sempit. Selain sebagai permainan adu 11 lawan 11 di atas lapangan, lewat sepak bola, banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk soal membangun jembatan budaya.

"Sepak bola adalah cara yang kreatif dan menyenangkan dalam membangun jembatan budaya, baik di lapangan maupun dalam forum untuk bertukar ide dan berkolaborasi seperti acara hari ini," ujar Jenkins.

Baca Juga: Normalisasi Hubungan, Israel-UEA Gelar Laga Sepakbola Persahabatan

2. Tujuan kolaborasi British Council dan PSSI

Menyuarakan Kesetaraan Pria-Wanita Lewat Sepak BolaSejumlah pesepak bola timnas putri Indonesia mengikuti pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Direktur British Council Indonesia, Hugh Moffat, mengungkapkan ada tujuan khusus yang berusaha dicapai lewat kolaborasi ini. Menurutnya, kolaborasi antara British Council dan PSSI ini nantinya akan meningkatkan pemahaman orang akan pentingnya peran wanita dalam sepak bola.

"Kami ingin meningkatkan pemahaman lebih jauh tentang pentingnya sepak bola untuk mengembangkan keterampilan kaum muda dalam menangani beberapa isu sosial mendesak di Indonesia dan mengidentifikasi norma-norma sosial yang mungkin menghalangi perempuan dan anak perempuan untuk bermain sepak bola,” ujar Moffat.

3. PSSI sambut baik kerja sama ini

Menyuarakan Kesetaraan Pria-Wanita Lewat Sepak BolaPesepak bola timnas putri Indonesia Zahra Muzdalifah menendang bola saat pertandingan internal pada pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/

Komite Eksekutif PSSI, Vivin Cahyani, menyambut baik kerja sama dengan British Council ini. Menurutnya, ini adalah langkah konkret awal menuju kemajuan sepak bola wanita, khususnya di Indonesia.

"Kali ini, bekerja sama dengan British Council, mari kita saksikan bersama, sebuah langkah konkrit dan upaya bersama yang tentunya diharapkan menjadi salah satu
pelopor kesuksesan sepak bola wanita di Indonesia,” ujar Vivin.

Baca Juga: Sportif! 9 Pesepakbola Ini Tidak Pernah Dapat Kartu Merah

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya