Opening Piala Dunia U-17 Direncanakan di JIS, Lolos Inspeksi?

Semua tetap tergantung hasil inspeksi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo kembali mengungkapkan sesuatu yang unik. Terbaru, dia menyebut ada kemungkinan Jakarta International Stadium (JIS) jadi tempat opening Piala Dunia U-17 2023.

Akan tetapi, Dito menyebut hal ini bisa terealisasi jika JIS lolos inspeksi FIFA. Alhasil, saat ini pemerintah dan juga PSSI tengah menanti hasil lengkap inspeksi FIFA terkait venue Piala Dunia U-17 2023.

"(Pembukaan) di JIS. Tapi kan ini seluruh stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-17, minggu ini di assessment FIFA dan akan dilaporkan kembali ke PSSI dan juga kami, nanti ditentukan bersama dengan FIFA," ujar Dito di Istana Negara, Selasa (1/8/2023).

1. Pembukaan diusahakan di Jakarta

Opening Piala Dunia U-17 Direncanakan di JIS, Lolos Inspeksi?Menpora Dito bertemu Ketum PSSI Erick Thohir. (Dok. Kemenpora)

Dito berkata, memang untuk pembukaan Piala Dunia U-17 ini diusahakan di Jakarta. Namun, kembali semua bergantung pada hasil inspeksi FIFA soal venue Piala Dunia U-17 2023.

"Untuk pembukaan memang kami ada keinginan di Jakarta, tetapi kita sedang menunggu asesmen FIFA untuk seluruh venue," ujar Dito.

Baca Juga: Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17 dan Piala AFF U-23

2. Potensi Piala Dunia U-17 2023 digelar di Jawa

Opening Piala Dunia U-17 Direncanakan di JIS, Lolos Inspeksi?ANTARA FOTO/Maulana Surya

Sebelumnya, Dito berujar bahwa ada kemungkinan Piala Dunia U-17 2023 hanya digelar di pulau Jawa saja. Hal itu muncul seiring inspeksi FIFA pada 28 Juli sampai 2 Agustus, yang hanya dilakukan di stadion-stadion pulau Jawa saja.

"Kayaknya iya ya (Jakabaring dan Kapten I Wayan Dipta tak dipakai untuk Piala Dunia U-17)," ujar Dito di Kemenpora pada Senin, 31 Juli 2023.

Dito juga menjabarkan alasan kenapa sejauh ini FIFA baru menginspeksi empat stadion di Pulau Jawa untuk Piala Dunia U-17 2023. Dia menyebut, PSSI ingin melihat dulu potensi venue-venue di Pulau Jawa.

"Kalau dari penjelasan Ketum PSSI (Erick Thohir) sementara dilihat potensi yang di Jawa dulu, karena melihat U-17 kan dari segi logistik dan transportasinya ya, begitu," kata Dito.

3. Pertanda JIS lolos inspeksi?

Opening Piala Dunia U-17 Direncanakan di JIS, Lolos Inspeksi?Suasana JIS di malam hari. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Apa yang dijabarkan Dito ini jadi sesuatu yang menarik. Memang, hasil inspeksi FIFA belum ada, karena proses inspeksi sendiri belum tuntas. Per 1 Agustus 2023 ini, ada sisa satu stadion yang akan dicek, yakni Stadion Manahan.

Namun, dengan keberanian Menpora Dito menyebut JIS berpotensi jadi tempat opening Piala Dunia U-17 2023, ada potensi stadion tersebut lolos inspeksi FIFA. Tapi ya, semua tetap harus menunggu hasil inspeksi otoritas sepak bola dunia itu.

Baca Juga: GSJ Tak Dikunjungi FIFA, Palembang Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-17?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya