Comscore Tracker

Operator Masih Berharap Persipura Main di Piala Menpora

OC Piala Menpora telat merespons surat Persipura

Jakarta, IDN Times - Ketua Panitia Pelaksana (OC) Piala Menpora 2021 sekaligus Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengaku salah terkait mundurnya Persipura Jayapura.

Akhmad menyebut OC Piala Menpora telat merespons surat yang telah dikirimkan oleh Persipura kepada pihaknya. Dia juga menyebut, Persipura memang sudah mengirim surat ke OC sebelum pendaftaran ditutup, yakni pada 26 Februari 2021.

"Persipura itu soal administrasi, jadi mereka berkirim surat ke kami. Tetapi, kami telat meresponsnya. Saya sebagai Ketua OC Piala Menpora bertanggung jawab atas hal ini. Namun, kami berharap Persipura masih bisa ikut Piala Menpora 2021," ujar Akhmad kepada wartawan.

Baca Juga: Tak Ikut Piala Menpora 2021, Persipura Jelaskan Alasannya 

1. OC Piala Menpora akan tunggu kabar Persipura

Operator Masih Berharap Persipura Main di Piala MenporaLiga-Indonesia.id

Lebih lanjut, Akhmad menyebut pihak OC akan menunggu kabar selanjutnya dari Persipura. Mereka akan menunggu hingga satu pekan ke depan. Jika Persipura bersikeras tidak ikut, terpaksa dicoret.

"Kami akan menunggu hasil rapat dengan PSSI. Kami akan mematangkan lebih dulu berbagai keputusannya. Semua pihak berusaha untuk komunikasi, sepertinya Menpora juga ada upaya menuju ke sana," ujar Akhmad.

2. Persipura sebut tak akan ikut Piala Menpora 2021

Operator Masih Berharap Persipura Main di Piala Menpora

Persipura memastikan diri tak ambil bagian di turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, mengatakan pihaknya sudah memberikan surat absennya Persipura di Piala Menpora.

"Sebelum undian kami sudah bersurat dan menyampaikan tidak bisa ikut Piala Menpora 2021, mereka (LIB) sudah tahu itu," ujar Benhur dikutip akun Instagram resmi Persipura, Selasa (9/3/2021).

Benhur mengatakan alasan utama Persipura tak ikut Piala Menpora karena PT LIB. Menurut dia, hal itu harusnya dijelaskan juga oleh operator kompetisi Liga 1 itu. Persipura diam lantaran menghargai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) saja.

"Tapi kalau mereka mau, kami sangat siap untuk beberkan secara gamblang apa yang mereka lakukan kepada kami. Sejujurnya, kami tidak ikut karena OC/LIB berlaku tidak adil dan tidak profesional. Mereka tahu itu, PSSI juga, karena kami sudah bersurat dan menjelaskan semuanya," ujar pria yang menjabat sebagai Wali Kota Jayapura itu.

3. Piala Menpora akan dibuka 21 Maret di Solo

Operator Masih Berharap Persipura Main di Piala MenporaLiga-Indonesia.id

Piala Menpora 2021 dipastikan akan mulai dihelat pada 21 Maret 2021. Kabarnya, laga Arema FC lawan PSIS Semarang akan jadi laga pembuka ajang yang nantinya dihelat di empat kota ini.

Namun, Akhmad mengungkapkan bahwa belum ada kepastian soal laga pembuka itu. Namun, satu hal lain yang sudah pasti adalah laga pembuka pada 21 Maret hanya akan melibatkan satu laga saja.

"Itu (Arema vs PSIS partai pembuka) belum pasti, mudah-mudahan jadwalnya bisa segera kami rilis secara resmi. Rencananya, pertandingan hari pertama (pembuka Piala Menpora 2021) itu cuma satu pertandingan saja, pukul 18.15 WIB," ujar Akhmad.

Baca Juga: Persija Jakarta Targetkan 3 Besar di Piala Menpora

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya