Paes Bisa Main Juni, Naturalisasi Thom dan Ragnar Tuntas 13 Maret

Naturalisasi Thom, Ragnar, dan Paes berbeda target

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah mencanangkan target rampungnya proses naturalisasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes. Ketiganya memiliki target rampung naturalisasi yang berbeda.

Untuk Thom dan Ragnar, Erick menargetkan naturalisasi keduanya rampung pada 13 Maret. Dengan begitu, keduanya bisa cepat didaftarkan ke FIFA untuk proses perpindahan naturalisasi.

"Kami lagi mencoba, hari ini kami maksimalkan (mempercepat proses naturalisasi) dan kalau bisa tanggal 13 angkat sumpah sehingga kami bisa register ke FIFA," ujar Erick di Hotel Fairmont, Jumat (8/3/2024).

1. Paes diprediksi baru bisa main Juni

Paes Bisa Main Juni, Naturalisasi Thom dan Ragnar Tuntas 13 MaretMaarten Paes (fcdallas.com)

Terkait Paes, Erick memprediksi dia tak bisa main cepat untuk Timnas Indonesia. Saat ini, dia masih belum merapat ke Indonesia lantaran sibuk main di Major League Soccer (MLS). Dia diperkirakan baru bisa main di Timnas pada Juni 2024.

"Jadi kalaupun Maarten Paes proses di FIFA-nya lancar, ya dia baru bisa memperkuat Timnas di Juni atau setelah Juni. tergantung kesempatan dia mengangkat sumpah, jadi dinamikanya masih ada," kata Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Copot Dirut Taspen Buntut Korupsi Investasi Fiktif!

2. Nathan tinggal melakoni sumpah

Paes Bisa Main Juni, Naturalisasi Thom dan Ragnar Tuntas 13 MaretInstagram/scheerenveenofficial

Sedangkan untuk proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On, Eriock mengungkapkan bahwa pemain berusia 22 tahun itu tinggal melakoni proses sumpah. Potensi dia untuk main dalam waktu dekat bersama Timnas Indonesia terbuka lebar.

"Nathan akan angkat sumpah juga, prosedur dia sudah selesai. Justru yang potensial main Nathan sekarang," kata Erick.

3. PSSI optimistis tiga pemain naturalisasi anyar bisa bela Timnas

Paes Bisa Main Juni, Naturalisasi Thom dan Ragnar Tuntas 13 MaretAnggota Exco PSSI, Endri Erawan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, optimistis Thom, Ragnar, dan Nathan bisa bermain untuk Timnas Indonesia saat melawan Vietnam, 21 dan 26 Maret 2024. Namun, dia tidak memungkiri bahwa proses naturalisasi Paes agak berbelit.

"Nathan tinggal disumpah, terus Thom dan Ragnar perlu beberapa langkah lagi. Setelah disumpah, dapat paspor dan pengurusan di federasi, seharusnya sudah bisa main. Soal Paes, saya lagi cari kabar kenapa belum bisa ke Indonesia," ujar Endri.

Baca Juga: Banding Ditolak PSSI, Persib Tanpa Penonton Saat Jamu Persija

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya