Pandangan Peter Schmeichel tentang Timnas Indonesia

Schmeichel sebut Timnas Indonesia ke arah lebih baik

Jakarta, IDN Times - Legenda Manchester United dan Timnas Denmark, Peter Schmeichel, memiliki pandangan tersendiri soal Timnas Indonesia. Dia berujar, saat ini skuad Garuda berada di jalur yang tepat untuk berkembang.

"Sekarang, saya bisa melihat federasi Indonesia (PSSI) sudah bagus dan sudah melakukan perubahan yang baik dalam waktu singkat. Ide-idenya bagus, juga terobosan-terobosan yang dia lakukan untuk Timnas Indonesia," ujar Schmeichel dalam Media Rountable di Vidio, Sabtu (6/8/2023).

1. Perekrutan sosok dari luar negeri adalah langkah tepat

Pandangan Peter Schmeichel tentang Timnas IndonesiaFrank Wormuth di laga Timnas U-17 lawan Barcelona. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Schmeichel juga memuji keberanian PSSI merekrut Frank Wormuth, sosok asal Jerman yang menjadi pendamping Timnas U-17 Indonesia. Dia menyebut ini bisa jadi langkah perbaikan bagi sepak bola Indonesia.

"Ya sekarang kita bisa melihat, ada orang Jerman yang datang ke Indonesia menjadi bagian dari kepelatihan (Frank Wormuth). Itu bagus, dan itu bisa jadi awal bagi perbaikan sepak bola Indonesia ke depannya," ujar Schmeichel.

Baca Juga: PSSI Isyaratkan Piala Dunia U-17 Hanya di Tanah Jawa

2. Meniru apa yang Timnas Denmark lakukan

Pandangan Peter Schmeichel tentang Timnas IndonesiaTimnas Denmark. (fifa.com)

Schmeichel mengingat, apa yang dilakukan PSSI dan Timnas Indonesia ini sama dengan yang dilakukan Denmark di masa lampau. Dulu, Denmark juga tidak terlalu diperhitungkan di Eropa. Namun, semua berubah setelah Sepp Piontek datang.

"Dulu, Denmark sering kesulitan di kompetisi internasional, sampai kami merekrut pelatih dari Jerman (Sepp Piontek). Dia sosok yang ketat. Dia sosok yang tak kenal kompromi. Hasilnya, lima tahun kemudian kami tembus Piala Eropa," ujar Schmeichel.

3. Schmeichel ajak para pemain Asia tembus Premier League

Pandangan Peter Schmeichel tentang Timnas IndonesiaPeter Schmeichel di Indonesia. (Dok. Vidio)

Lebih lanjut, Schmeichel mengajak para pemain Asia, termasuk para pemain Indonesia, untuk datang dan main di Premier League. Menurutnya, kesempatan terbuka bagi pemain tanah air main di sana.

"Saya harap, banyak pemain-pemain dari Asia ke Premier League, terkhusus dari Indonesia. Tapi tentu bagi semua anak-anak Indonesia, bekerja keras lah, peluang itu ada," ujar Peter Schmeichel, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Kenapa Banyak Pemain Timnas Indonesia Ikut Pendidikan Kepolisian?

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya