Papua Football Academy, Kawah Candradimuka Talenta dari Timur

Papua Football Academy sudah diresmikan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe Papua, Rabu (31/8/2022). Dalam peresmian ini, Jokowi dan Erick sempat bermain sepak bola dengan anak-anak Papua.

Erick mengungkapkan, PFA jadi komitmen pemerintah untuk membangun Papua lewat sepak bola. Selain pembangunan infrastruktur fisik yang masif, pemerintah mendorong pembangunan sumber daya manusia di Papua, salah satunya via sepak bola.

"Dengan peresmian Papua Football Academy ini semoga akan semakin banyak lagi anak Papua yang akan mengharumkan nama daerah sekaligus bangsanya Indonesia," ujar Erick lewat keterangan tertulis.

1. Sepak bola telah menjadi profesi menjanjikan

Papua Football Academy, Kawah Candradimuka Talenta dari TimurErick Thohir resmikan Papua Football Academy. (dok. BUMN)

Erick mengakui, sepak bola kini telah berkembang sebagai salah satu industri besar di dunia. Menurut eks Presiden Inter Milan itu, sepak bola profesional telah menjadi salah satu profesi menjanjikan.

"Pembangunan manusia lewat sepak bola adalah salah satu agenda FIFA yang sejalan pula dengan visi pemerintah. Papua adalah provinsi yang sangat mencintai sepak bola, sangat tepat untuk menjadi sentra pembinaan level nasional," kata Erick.

Baca Juga: PSM Tumbang di AFC Cup 2022, Rekor Persipura Bertahan

2. Papua bak sumur pemain buat Indonesia

Papua Football Academy, Kawah Candradimuka Talenta dari Timurinstagram.com/boazsolossa

Erick paham betul sejarah sepak bola nasional tak terlepas dari pemain asal Papua. Apalagi, Papua adalah salah satu gudang talenta pesepak bola berbakat yang telah mengharumkan Indonesia di pentas internasional.

Oleh karena itu Erick optimistis dengan hadirnya PFA ini akan menjadi salah satu motor bagi perkembangan sepak bola dan timnas Indonesia ke depan. Dia yakin, akan lahir banyak talenta baru dari PFA.

"Banyak pesepak bola Papua yang telah berkontribusi besar bagi Indonesia, seperti Boaz Solossa, Rully Nere, hingga kini Ricky Kambuaya. Ke depan, saya yakin akan lebih banyak lagi anak Papua yang akan mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional," ujar Erick.

3. Dari PFA menuju pentas dunia

Papua Football Academy, Kawah Candradimuka Talenta dari TimurErick Thohir resmikan Papua Football Academy. (dok. BUMN)

Dengan pembinaan yang baik dan profesional, Erick yakin pemain asal PFA tidak hanya akan berbicara di level nasional. Kelak, dia berharap dan yakin bakal ada jebolan PFA yang bermain di kompetisi Eropa macam Premier League atau Serie A.

"Harapan kami, tentu akan muncul pemain asal Papua Football Academy yang akan bermain di Premier League, Serie A, atau LaLiga. Dengan usaha keras, Insya Allah kita bisa mewujudkannya," ujar Erick.

Baca Juga: 3 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya