Pelatih Timnas U-16 Sudah Dapat Nama Diaspora untuk Seleksi

Pemain ini berasal dari data Kemenpora

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengaku sudah mengantongi nama-nama pemain diaspora yang akan ikut seleksi Timnas U-16. Nama-nama itu berasal dari data Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Sudah (dapat nama-nama pemain diaspora), cuma kita masih akan bicarakan itu dengan PSSI bagaimana mekanisme pemanggilannya, itu yang akan kita bicarakan sama-sama," kata Nova di Bekasi, Rabu (6/3/2024).

1. Nova sudah mengantongi data

Pelatih Timnas U-16 Sudah Dapat Nama Diaspora untuk SeleksiPelatih Timnas U-16, Nova Arianto. (Dok. PSSI)

Sebelumnya, PSSI memang sudah meminta data ke Kemenpora, dalam hal ini ke Hamdan Hamedan, terkait para pemain diaspora yang memiliki paspor Indonesia. Dari 37 pemain diaspora, hanya ada sembilan yang punya paspor Indonesia.

"Saat ini saya hanya minta data siapa saja pemain yang punya paspor Indonesia. Kebetulan ada Pak Hamdan di situ jadi saya bicara dan Pak Hamdan berikan data. Ada sekitar 37 pemain diaspora, tapi yang punya paspor Indonesia hanya sembilan," kata Nova.

Baca Juga: Fondasi yang Coba Nova Terapkan di Timnas U-16: Komunikasi

2. Nova memantau beberapa pemain dari EPA

Pelatih Timnas U-16 Sudah Dapat Nama Diaspora untuk SeleksiGelaran EPA Liga 1 U-16 dan U-18 2023/24. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain pemain diaspora, Nova juga memantau beberapa pemain dari Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 2023/24. Dia memfokuskan pemantauan pada tim-tim yang lolos delapan besar hingga final, termasuk tiga pemain dari Persis.

"Ada beberapa pemain Persis. Ada tiga pemain yang usianya sesuai kriteria, 2008 sampai 2009. Jadi, kami hanya bisa lihat tiga pemain dari Persis," ujar Nova.

3. Timnas U-16 akan gelar seleksi lagi akhir Maret

Pelatih Timnas U-16 Sudah Dapat Nama Diaspora untuk SeleksiTC Timnas U-16 di Jakarta. (Dok. PSSI)

Timnas U-16 akan melanjutkan seleksi ke tahap kedua pada Maret 2024. Rencananya seleksi itu akan digelar setelah Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 28 sampai 31 Maret 2024.

"Seleksi selanjutnya adalah tahap dua yang akan digelar setelah FIFA Matchday lawan Vietnam, rencananya 28 sampai 31 Maret 2024. Semua pemain dari yang lolos delapan besar EPA Liga 1 U-16 akan kami panggil," ujar Nova.

Baca Juga: Ini Kriteria Utama Nova Arianto Memilih Pemain Timnas U-16!

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya