Pemanasan Timnas U-16 Pakai Musik, Nova Arianto: Biar Rileks

Para pemain Timnas U-16 kerap tegang saat berlatih

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menerapkan sebuah metode unik dalam latihan Timnas U-16 pada Selasa (27/2/2024). Dia memasang musik saat sesi pemanasan.

Pantauan IDN Times, tampak Nova menyetel musik jenis R&B saat para pemain Timnas U-16 sedang pemanasan. Sontak, suasana pemanasan pun jadi sedikit meriah dengan adanya musik ini.

Kenapa Nova melakukan itu? Berikut adalah penjelasan dari Nova.

1. Biar para pemain tidak cemas

Pemanasan Timnas U-16 Pakai Musik, Nova Arianto: Biar RileksNova Arianto melatih Timnas U-16. (Dok. PSSI)

Ditemui selepas latihan, Nova mengaku bahwa ini adalah kali pertama dia menyetel musik saat sesi latihan Timnas U-16. Tujuannya, agar para pemain skuad Garuda tidak cemas, yang acap berimbas pada kesalahan yang dilakukan para pemain.

"Evaluasi dari psikolog adalah masalah kecemasan, sehingga pas cemas atau takut salah otomatis dia tegang dan banyak salah. Jadi, kita coba metode musik ini," ujar Nova.

Baca Juga: PSSI Panggil Pemain Diaspora Ikut TC Timnas U-16 pada April

2. Ingin para pemain tetap enjoy

Pemanasan Timnas U-16 Pakai Musik, Nova Arianto: Biar RileksSeleksi Timnas U-16 bersama Nova Arianto. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Nova menyebut, dengan metode musik ini, dia ingin para pemain tetap enjoy saat melakoni latihan. Alhasil, dia mencoba memasang musik R&B dengan beat 79/90 agar para pemain rileks dan santai.

"Jadi kita cari tau metode apa sih yg bisa kita buat supaya pemain enjoy. Akhirnya kita pakai musik saat datang dan warming up, biar secara alam sadar mereka bangkit dan rileks. Semoga metode ini bisa maksimal," kata Nova.

Baca Juga: PSSI: Setop Dikotomi STY dan Pelatih-Pelatih Lokal Indonesia

3. Nova juga bawa filosofi dari STY

Pemanasan Timnas U-16 Pakai Musik, Nova Arianto: Biar RileksPelatih Timnas U-16, Nova Arianto. (Dok. PSSI)

Sebelumnya, Nova juga menegaskan bahwa dia membawa filosofi Shin Tae Yong (STY) saat melatih Timnas U-16. Filosofi itu adalah soal sepak bola proaktif dan agresif, serta kedisiplinan tingkat tinggi.

Timnas U-16 pun sudah dinanti beberapa ajang besar di 2024 ini. Selain Piala AFF U-16 yang berpotensi dihelat di Indonesia, skuad Garuda Muda sudah ditunggu juga oleh ajang Kualifikasi Piala Asia U-17. Tugas Nova Arianto tidaklah mudah.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya