Comscore Tracker

Pemerintah Bakal Bangun Training Center Buat Timnas Indonesia di IKN

Fasilitas ini bakal jadi kamp Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akan membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center di Ibu Kota Nusantara (IKN). Nantinya, training center ini bisa dipakai oleh Timnas Indonesia untuk melakoni pelatihan terpusat.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022). Turut hadir dalam pertemuan itu Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

1. Buah dari perkembangan sepak bola yang makin baik

Pemerintah Bakal Bangun Training Center Buat Timnas Indonesia di IKNPresiden bahas training center sepak bola di IKN bersama Menpora dan Ketum PSSI. (dok. Sekretariat Presiden)

Zainudin mengungkapkan, keinginan pemerintah membangun training center di IKN merupakan buah dari perkembangan sepak bola nasional yang membaik. Sejauh ini, geliat sepak bola nasional memang terasa lagi selepas pandemik COVID-19.

"Bapak Presiden memberikan arahan kepada saya dan Ketum PSSI agar segera membangun training camp sepak bola yang lengkap. Itu akan didirikan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru," ujar Menpora Amali dalam keterangan resminya.

Baca Juga: PSSI Masih Pertimbangkan Indonesia Cabut dari AFF

2. Berbagai fasilitas olahraga akan dibangun di IKN

Pemerintah Bakal Bangun Training Center Buat Timnas Indonesia di IKNSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Zainudin menyatakan selain training center sepak bola, pemerintah akan membangun berbagai fasilitas olahraga di IKN, baik fasilitas utama maupun pendukung. Hal ini juga berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

"Sekaligus, beliau beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kami mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," ujar Amali.

3. Ketum PSSI menyambut bahagia gagasan ini

Pemerintah Bakal Bangun Training Center Buat Timnas Indonesia di IKNKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Kemenpora, Rabu (21/4/2021). (IDN Times/(Sandy Firdaus)

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, menyambut gembira gagasan Presiden Jokowi yang ingin membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN. Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Tanah Air.

"Ini yang ditunggu-tunggu oleh publik. Sekali lagi, terima kasih Bapak Presiden atas atensi kepada sepak bola Indonesia dan Insya Allah sepak bola Indonesia akan terus baik dan maju," ujar Iriawan.

Baca Juga: Kenapa PSSI Gelar Piala AFF U-16 di Yogyakarta? 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya