Pengalaman Asnawi Puasa Ramadan di Thailand, Susah soal Makanan

Asnawi sudah lumrah berpuasa di luar negeri

Jakarta, IDN Times - Asnawi Mangkualam kembali merasakan pengalaman puasa di negara lain pada Ramadan tahun 2024 ini. Sekarang, dia kudu menjalani ibadah puasa di Thailand, lantaran sedang membela Port FC.

Menjalani puasa di Thailand, yang notabene bukan negara dengan mayoritas Muslim, Asnawi mengaku tak ada masalah. Sebab, sesi latihan di sana berlangsung pada sore hari, tepatnya pukul 17.00 waktu setempat.

"Ya kalau puasa (di Thailand) tidak ada masalah juga ya, soalnya kita latihan di sana jam 5 sore. Secara keseluruhan enggak ada masalah," kata Asnawi di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga: Debut Manis Asnawi di Liga Thailand, Bantu Port FC Menang Dramatis

1. Masalah Asnawi hanya ada di makanan

Pengalaman Asnawi Puasa Ramadan di Thailand, Susah soal MakananBaju Asnawi Mangkualam yang terpajang di locker room Port FC laga pekan ke-17 Thai League 1 2023/24 melawan Muangthong United yang berlangsung di PAT Stadium Bangkok, 14 Februari 2024. (Instagram.com/portfc_official)

Asnawi berujar, satu-satunya masalah yang menderanya saat puasa Ramadan di Thailand adalah makanan. Dia mengaku tidak cocok dengan makanan di Thailand. Untuk menyiasatinya, dia melakukan beberapa cara.

"Untuk makanan memang agak sulit, cuma aku kadang masak juga dan banyak makan makanan western di sana," kata Asnawi.

2. Asnawi kagum dengan tingginya level Liga Thailand

Pengalaman Asnawi Puasa Ramadan di Thailand, Susah soal MakananAsnawi Mangkualam saat jalani debut sebagai pemain Port FC dalam laga pekan ke-17 Thai League 1 2023/24 melawan Muangthong United yang berlangsung di PAT Stadium Bangkok, 14 Februari 2024. (Instagram.com/portfc_official)

Terlepas dari pengalaman puasanya yang baru ini, Asnawi tetap kagum dengan tingginya level kompetisi di Thailand. Dia bahkan menyebut, kompetisi Thai League lebih bagus dibandingkan Liga 1 Indonesia.

"Tentunya memang kualitas Liga Thailand masih di atas Indonesia dan Vietnam. Dan ya memang segi kualitas liganya masih jauh lebih baik," kata Asnawi.

3. Sebelumnya menjalani puasa di Korea Selatan

Pengalaman Asnawi Puasa Ramadan di Thailand, Susah soal MakananAsnawi Mangkualam debut bersama Port FC, Rabu (14/2/2024). (Instagram/@portfc_official).

Sebelum di Thailand, Asnawi memang sudah terbiasa puasa di luar negeri karena tiga tahun sempat bermain di Korea Selatan. Jadi, berpuasa di luar Indonesia bukan jadi hal baru baginya.

Sayang, di laga pertama lawan Vietnam pada Kamis (21/3/2024) nanti, Asnawi urung membela Timnas Indonesia. Dia terkena hukuman akumulasi kartu, dan baru bisa tampil di laga kedua pada 26 Maret.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya