Pengamat: GBK Harus Beri Perhatian Serius soal Rumput

GBK akan dipakai lagi untuk venue laga besar

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangannya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka akan menjamu Vietnam pada Kamis (21/3/2024) di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni berujar, GBK merupakan stadion kebanggaan bangsa Indonesia. Jangan sampai saat menjamu Vietnam kualitas rumput tidak baik, seperti yang terjadi dalam laga uji coba Timnas U-20 lawan Thailand.

Baca Juga: 3 Striker Lokal Menggila di Liga 1, Layak Timnas?

1. Kualitas rumput penting diperhatikan

Pengamat: GBK Harus Beri Perhatian Serius soal RumputPrabowo Subianto selaku Ketua Dewan Pembina Garudayaksa Football Academy, menandatangani perjanjian kerja sama dengan Aspire Academy asal Qatar di Stadium GBK, Jakarta, Senin (8/1). (Dok. TKN Prabowo-Gibran)

Kusnaeni mengatakan, kualitas rumput penting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Dalam laga setingkat level internasional yang bertajuk Kualifikasi Piala Dunia, kualitas rumput itu masuk standar FIFA.

"Kualitas rumput sangat penting dalam laga sepak bola. Apalagi pertandingan berstandar internasional dalam agenda FIFA Matchday, memang menuntut standar tinggi soal kualitas lapangan," ujar sosok yang karib disapa Bung Kus saat ditemui jurnalis.

2. GBK harus beri atensi lebih soal kesiapan rumput

Pengamat: GBK Harus Beri Perhatian Serius soal RumputSuasana GBK saat Pesta Rakyat Prabowo - Gibran pada Sabtu (10/2/2024). (youtube.com/Waktunya Indonesia Maju)

Bung Kus berharap, pengelola GBK memberi perhatian serius terhadap kesiapan rumput lapangan. Apalagi, laga lawan Vietnam nanti penting untuk menjaga asa Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Penggunaan stadion untuk kegiatan politik, budaya, atau keagamaan sah-sah saja. Yang penting pengelola GBK bisa menghitung dengan cermat jarak antara kegiatan tersebut dengan masa pemulihan dan perawatan rumput," ujar Bung Kus.

"Jika melihat kondisi terakhir saat ini, memang agak mengkhawatirkan. Tapi pengelola GBK sebetulnya masih punya waktu untuk mengoptimalkan pemulihan kondisi rumput agar layak pakai. Apalagi saat ini masih periode musim hujan yang relatif kondusif untuk perawatan rumput," lanjutnya.

3. Fasilitas GBK harus siap

Pengamat: GBK Harus Beri Perhatian Serius soal RumputRibuan anggota muslimat Nahdlatul Ulama (NU) memenuhi acara Zikir, Doa, dan Sawalat menyambut Harlah ke-101 NU dan Harlah ke-78 Muslimat NU untuk Kemaslahatan Indonesia di SUGBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (IDNTimes/Margith Juita Damanik)

Selain rumput, Bung Kus juga mengingatkan fasilitas GBK lainnya. Semua fasilitas harus siap untuk menyambut laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Misal bangku penonton, fasilitas sanitasi, hingga pagar pemisah antar tribun.

"Laga nanti pasti akan mengundang puluhan ribu suporter Timnas. Kesiapan fasilitas pendukung kenyamanan dan keamanan di GBK jangan dianggap enteng. Harus disiapkan sama seriusnya dengan kita menyiapkan lapangan rumputnya," ujar Bung Kus.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya