Pengamat: Jangan Terlalu Salahkan VAR, Timnas Indonesia!

Timnas Indonesia harus sadar kelemahan sendiri

Jakarta, IDN Times - Pandangan berbeda disajikan pengamat sepak bola Indonesia, Budi Setiawan, terkait kekalahan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dia melihat, Video Assistant Referee (VAR) terlalu jadi kambing hitam.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia harus menyerah 1-3 dari Irak dalam laga Grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Senin, 15 Januari 2024. Salah satu gol yang diciptakan lawan, sempat menjadi kontroversi lantaran berbau offside.

Sosok yang juga merupakan Founder Football Institute itu, protes mengenai VAR merupakan hal yang wajar. Sebab, manajer-manajer kelas dunia macam Jose Mourinho dan Erik ten Hag juga acap protes soal VAR. Namun, keunggulan Irak tetap harus diakui.

"Shin Tae Yong protes soal VAR itu biasa. Yang tidak biasa adalah menutupi kekalahan dengan menjadikan VAR sebagai penyebab utama kekalahan. Kita memang kalah kelas dari Irak," ujar Budi dalam akun TikTok-nya, @budfootball.

1. Harus diakui ada target yang tidak tercapai

Pengamat: Jangan Terlalu Salahkan VAR, Timnas Indonesia!Timnas Indonesia lawan Irak di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Budi juga berujar, Shin harus mengakui bahwa ada target yang tidak tercapai di laga lawan Irak ini. Dia ingin Shin tidak menutupi perjuangan apik dari para pemain yang sudah berusaha keras meladeni Irak.

"Janganlah perjuangan para pemain di lapangan dinodai oleh cara pandang Anda, Shin Tae Yong, yang berusaha menutupi kekalahan dan tidak tercapainya target (imbang lawan Irak)," ujar Budi.

Baca Juga: Buntut Gol Irak, Instagram AFC Diserang Warganet Indonesia

2. Ketum PSSI berpesan soal pertahanan

Pengamat: Jangan Terlalu Salahkan VAR, Timnas Indonesia!Ketum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga turut memberikan pandangannya soal kekalahan Indonesia dari Irak. Dia berpesan, skuad Garuda harus membenahi pertahanan, karena itu jadi titik lemah saat bersua Irak.

"Tadi sempat 1-1 di babak pertama, dan golnya di akhir babak pertama (gol Irak) juga karena kita bagian pertahanannya agak berapa kali momentumnya hilang," ujar Erick kepada para jurnalis.

3. Timnas Indonesia sudah protes soal VAR ini ke AFC

Pengamat: Jangan Terlalu Salahkan VAR, Timnas Indonesia!Timnas Indonesia lawan Irak di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

PSSI tidak tinggal diam mengenai gol kontroversial kedua Irak ke gawang Timnas Indonesia dalam laga pembuka Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) malam WIB. Mereka akan melancarkan protes ke AFC terkait hal tersebut.

"Setelah pertandingan kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai laga," kata Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan.

Baca Juga: Dalih Shin Tae Yong Usai Timnas Digebuk Irak di Piala Asia 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya