Pengamat: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Erick di PSSI Sudah Pas

Erick Thohir bawa pengaruh positif di PSSI

Jakarta, IDN Times - Pengamat sepak bola Indonesia, Kesit Budi Handoyo, menyebut sudah sepantasnya publik puas dengan kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI. Dia menanggapi hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

"Masyarakat sudah cukup realistis. Sepak bola itu kan melihatnya gampang, masyarakat pasti melihat dan membandingkan fakta sebelumnya dan yang ada saat ini. Kalau ada progres yang positif bagi sepak bola Indonesia pasti berujung pada bagaimana kepemimpinan dari organisasi PSSI itu sendiri," kata Kesit, Kamis (5/10/2023).

1. Kepemimpinan di PSSI dinilai sudah membaik

Pengamat: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Erick di PSSI Sudah PasPSSI dapat sponsor hingga Rp250 miliar. (IDN Times/Tino).

Kesit merasa saat ini kepemimpinan di PSSI dinilai sudah membaik. Menurutnya, hal itu tak lepas dari performa Erick sebagai Ketua Umum PSSI, yang mampu menunjukkan ketegasan, mengembangkan liga, serta Timnas.

"Ketika ada perkembangan yang positif dari sepak bola Indonesia apakah kompetisi atau Timnas, lalu sanksi tegas, semuanya memperlihatkan kemajuan, pasti imbasnya adalah kepemimpinan di PSSI itu dinilai membaik. Jadi kalau Pak Erick memiliki tingkat kepuasan yang tinggi ya wajar," ujar Kesit.

Baca Juga: LSI: Publik Puas dengan Kinerja Erick Benahi Sepak Bola Indonesia

2. Masyarakat sudah memiliki penilaiannya tersendiri

Pengamat: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Erick di PSSI Sudah PasKetua Umum PSSI, Erick Thohir (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Erick memang tengah mendapat sorotan positif dari masyarakat saat ini. Namun, Kesit berkata jika tiba-tiba ada hal negatif yang terjadi, itu juga akan berpengaruh terhadap penilaian masyarakat kepada Erick.

"Maka, hasil yang sudah ditunjukkan selama pak Erick terpilih jadi Ketua Umum PSSI harus terus ditingkatkan. Butuh waktu yang cukup panjang untuk memperbaiki sepak bola Indonesia," ujar Kesit.

3. Hasil survei LSI soal Erick Thohir

Pengamat: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Erick di PSSI Sudah PasKetua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan terkait pembentukan satgas, kompetisi, dan Timnas Indonesia, di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Tino)

Dalam survei yang dilakukan terhadap 1.206 responden itu, ditemukan 80,6 persen dari keseluruhan responden mengaku puas dengan kinerja Erick memimpin PSSI dengan rincian 28,2 persen sangat puas dan 52,4 persen cukup puas.

Kemudian, 91,4 persen yang merupakan penggemar klub sepak bola seperti Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Arema FC, Persib Bandung, PSM Makassar, dan lain-lain, menyampaikan kepuasannya terhadap kinerja Erick sebagai Ketum PSSI, dengan 34,9 persen merasa sangat puas dan 56,5 persen cukup puas.

Baca Juga: Bela Bima Sakti, Erick Thohir: Berilah Kesempatan di Piala Dunia U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya