Perjalanan Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024, STY Penuhi Janji

STY sempat membuat janji soal Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Pada 3 April 2024 lalu, Shin Tae Yong mengucapkan janji kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Ketika itu, STY mengaku bisa melebihi target yang ditetapkan federasi untuk Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Jadi, PSSI sebenarnya menargetkan Timnas U-23 cukup lolos perempat final Piala Asia U-23 2024. Posisi ini juga sudah memenuhi syarat bagi STY mendapatkan kontrak baru bersama PSSI. Namun, STY justru menjanjikan lebih.

"Untuk Shin Tae Yong, target dari kita itu masuk delapan besar. Tapi dia mengatakan (Timnas U-23) bisa masuk ke semifinal (di Piala Asia U-23). Shin mengatakan ke Pak Erick (Ketum PSSI) bisa lolos empat besar," ujar Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, kala itu.

Namun, pada akhirnya janji ini berhasil ditepati STY. Apiknya lagi, dia membawa Timnas U-23 dengan menumbangkan tanah kelahirannya sendiri, Korea Selatan. Seperti apa perjalanan Timnas U-23 menuju semifinal ini?

1. Bangkit usai kalah di laga perdana grup

Perjalanan Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024, STY Penuhi JanjiAksi pemain Timnas U-23 saat berhadapan dengan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).

Dalam sesi jumpa pers selepas laga lawan Yordania, pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong, masih mengingat kekalahan dari Qatar di laga perdana. Dia mengenang laga itu sebagai komedi, dan masih menyimpan rasa kesal kepada wasit.

"Laga pertama itu komedi. Betul, kami tak bisa memainkan laga sepak bola macam itu. Sebab, andai wasit lebih adil, hasil bisa berbeda bagi tim yang berlaga," ujar Shin.

Ya, Timnas U-23 kalah dari Qatar dengan skor 0-2 dalam laga pembuka Piala Asia U-23 2024. Kekalahan itu menyesakkan, lantaran Indonesia dicurangi wasit. Alih-alih tunduk, Indonesia memilih untuk bangkit.

Baca Juga: Shin Tae Yong Salami Pemain Korea Usai Bawa Timnas U-23 Menang

2. Kemenangan lawan Australia jadi pemicu

Perjalanan Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024, STY Penuhi JanjiTimnas U-23 lawan Australia di Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Selepas kalah dari Qatar, Timnas U-23 menunjukkan taji di laga kedua. Menghadapi Australia yang biasanya sulit mereka kalahkan, Timnas U-23 justru meraih kemenangan penting dengan skor 1-0.

Kemenangan inilah yang jadi awal mula meledaknya Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024. Di laga terakhir fase grup, mereka mengalahkan Yordania dengan skor telak 4-1, sekaligus memastikan kelolosan ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Disangka akan berhenti, plus karena target yang juga sudah terpenuhi, Timnas U-23 malah menggila. Korea Selatan, lawan mereka di perempat final, jadi korban selanjutnya dari skuad Garuda Muda.

3. STY benar-benar penuhi janji

Perjalanan Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024, STY Penuhi JanjiPelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong dalam konferensi pers usai pertandingan melawan Korea Selatan (dok.AFC U23 ASIAN CUP QATAR 2024)

Bersua Korea, Timnas U-23 menunjukkan mentalitas ciamik. Meski sempat dibuat kesulitan oleh Korea, yang hanya bermain 10 orang di laga ini, mereka pada akhirnya mampu mengunci kemenangan di babak adu penalti.

Apiknya lagi, babak adu penalti ini berlangsung lama. Timnas U-23 mampu meladeni Korea di babak ini, dan akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 11-10. STY memenuhi janjinya, membawa Garuda Muda ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga: Timnas U-23 Tak Cuma Ingin ke Olimpiade Saja, tapi Mau Jadi Raja Asia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya