Persib Akrab dengan Format Fase Gugur Liga 1 dan Siklus 10 Tahun

Persib selalu juara saat liga menggunakan fase gugur

Intinya Sih...

  • Persib Bandung menang 3-0 dalam final leg 1 Liga 1 2023/24 lawan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat
  • Persib selalu juara saat liga menggunakan fase gugur, seperti pada Liga Indonesia 1994/95 dan Liga Super Indonesia 2014
  • Persib juga bisa mengulangi siklus juara setiap 10 tahun

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung meraih kemenangan dalam final leg 1 Liga 1 2023/24 lawan Madura United. Bertarung di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (26/5/2024), Maung Bandung menang dengan skor 3-0.

Kemenangan ini membuat satu tangan Persib sudah menggapai trofi Liga 1 musim ini. Tidak cuma itu, hasil ini juga menegaskan bagaimana akrabnya Persib dengan format fase gugur dalam penentuan gelar juara Liga Indonesia.

1. Menang pada 1994 dengan format turnamen

Persib Akrab dengan Format Fase Gugur Liga 1 dan Siklus 10 TahunIDN Times/Debbie Sutrisno

Ketika menjuarai Liga Indonesia 1994/95 silam, Persib meraihnya dalam format fase gugur. Semua berawal dari keberhasilan mereka masuk babak delapan besar, dan menjadi runner-up di fase grup babak tersebut.

Ketika memasuki semifinal, Persib menggila. Barito Putera berhasil mereka kalahkan dengan skor 1-0. Berlanjut di final, Petrokimia Putra yang diperkuat para bintang macam Sasi Kirono, Widodo Cahyono Putro, dan Jacksen F Tiago, mereka kalahkan dengan skor 1-0.

Persib menjadi tim yang berhasil merengkuh gelar Liga Indonesia pertama. Ciamiknya lagi, saat itu mereka diperkuat pemain lokal, tanpa adanya satu pun pemain asing di skuad.

Baca Juga: Penyesalan Pelatih Madura United usai Keok di Markas Persib

2. Melanjutkan tren apik pada 2014

Persib Akrab dengan Format Fase Gugur Liga 1 dan Siklus 10 TahunSelebrasi pemain Persib Bandung usai mencetak gol ke gawang Madura United dalam laga final leg pertama Championship Series Liga 1 2023/24, Minggu (26/5/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Berlanjut ke Liga Super Indonesia 2014, Persib kembali merengkuh gelar lewat fase gugur. Kembali, semua berawal dari keberhasilan mereka tembus babak delapan besar. Di momen tersebut, mereka keluar sebagai juara grup.

Di semifinal, Persib memenangi pertarungan ketat lawan Arema. Sempat tertinggal via gol Alberto 'Beto' Goncalves, Persib bangkit lewat gol Vladimir Vujovic, lalu mencetak dua gol lagi di perpanjangan waktu via Atep dan Makan Konate.

Persib juga melalui laga ketat lawan Persipura Jayapura di partai final. Skor 2-2 yang bertahan sampai waktu normal dan babak perpanjangan waktu, memaksa laga berlanjut ke adu penalti. Dalam momen ini, Persib menang 5-3 dan jadi juara lagi.

3. Akankah Persib mengulanginya di 2024?

Persib Akrab dengan Format Fase Gugur Liga 1 dan Siklus 10 TahunPemain Persib Bandung, Dedi Kusnanda (kiri), berduel dengan penggawa Madura United, Malik Risaldy (kanan) dalam laga final leg pertama Championship Series Liga 1 2023/24, Minggu (26/5/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Liga 1 kembali menerapkan fase gugur dalam penentuan juara, dengan balutan Championship Series pada 2024. Persib kembali digdaya dengan format ini dan melaju ke final usai membantai Bali United dengan total agregat 4-1.

Sinyal Persib juara makin kuat ketika sudah mengantongi keunggulan 3-0 atas Madura United. menariknya lagi, jika juara, Persib juga akan mengulangi siklus 10 tahunannya.

Baca Juga: Duet Ciro-David Bantu Persib Permak Madura United

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya