Persija Kena Sanksi FIFA, Dilarang Transfer di 3 Periode

Kenapa Persija kena sanksi FIFA?

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta mendapatkan hukuman berat dari FIFA. Dalam rilis yang dikeluarkan badan sepak bola dunia itu, Macan Kemayoran mendapatkan sanksi larangan aktivitas transfer selama tiga periode.

Rilis ini ditelurkan FIFA pada Selasa (2/4/2024) dini hari WIB. Selain Persija, ada beberapa klub Indonesia lain yang juga mendapatkan sanksi berat dari FIFA ini.

1. Persiraja, Sada Sumut, dan Persikab juga kena hukuman

Persija Kena Sanksi FIFA, Dilarang Transfer di 3 PeriodeDuel Sada Sumut versus PSKC Cimahi di Stadion Baharoeddin Siregar (IDN Times/Doni Hermawan)

Dalam rilis tersebut, selain Persija ada tiga klub lain yang juga mendapatkan sanksi dari FIFA. Mereka adalah Sada Sumut FC, Persiraja, dan Persikab Kab. Bandung.

Sama seperti Persija, mereka juga dilarang melakukan aktivitas transfer dalam tiga periode ke depan. Aktivitas transfer itu berlaku tidak cuma skala internasional, tetapi juga skala nasional.

Baca Juga: Privat Mbarga Alami Aksi Rasisme Selepas Persija vs Bali United

2. Apa alasan Persija kena sanksi?

Persija Kena Sanksi FIFA, Dilarang Transfer di 3 PeriodePersija lawan Borneo FC di Liga 1 2023/24. (Dok. Persija)

Dalam rilis tersebut, FIFA tak menjelaskan alasan kenapa Persija dan tiga klub tersebut terkena sanksi. Khusus untuk Persija, ada dugaan sanksi ini hadir karena masalah finansial.

Dengan begini, Persija dan tiga klub tersebut tidak bisa melakukan transfer pada awal musim 2024/25, tengah musim 2024/25, serta awal musim 2025/26. Sanksi bisa dicabut lebih cepat jika klub menyelesaikan masalah yang jadi penyebab kena sanksi.

3. Persija belum mengeluarkan pernyataan resmi

Persija Kena Sanksi FIFA, Dilarang Transfer di 3 PeriodePemain muda Persija, Rayhan Hannan. (Dok. Persija)

Terkait hukuman yang didapat ini, Persija belum mengeluarkan pernyataan resmi. Berita yang ada ditulis resmi klub pun masih seputar hasil laga terakhir mereka lawan Bali United.

Terlepas dari itu, sanksi ini jadi ujian berat bagi Persija. Apalagi, sekarang mereka masih berusaha untuk mengamankan diri dari posisi papan bawah klasemen akhir musim reguler Liga 1 2023/24.

Baca Juga: Rahasia Marko Simic Gacor Lagi di Persija

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya