Petuah Menpora ke Pemain Timnas U-23: Jangan Urusi Warganet!

Instruksi pelatih lebih penting bagi Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberi petuah kepada para pemain Timnas Indonesia U-23 jelang lawan Guinea. Dia meminta para pemain Timnas U-23 tidak mengurusi warganet.

"Pokoknya kawan-kawan atlet (para pemain Timnas U-23) yang penting fokus pada rencana dan fokus pada apa yang sudah dilatih. Intinya fokus saja, jangan terpengaruh oleh serangan warganet," ujar Dito di Kemenpora, Selasa (7/5/2024).

1. Dengarkan pelatih, bukan warganet

Petuah Menpora ke Pemain Timnas U-23: Jangan Urusi Warganet!Potret Timnas U-23 berlatih di Prancis. (Dok. PSSI).

Dito mengatakan, para pemain Timnas U-23 harus mendengarkan evaluasi dari pelatih, alih-alih mendengar rujakan warganet. Ikutilah evaluasi dari pelatih, karena memang hal itulah yang mestinya jadi bahan perbaikan.

"Lihatlah evaluasi dari coach. Selama coach memberi evaluasi dan catatan, itu yang harus diikuti. Saya sih kalau menyarankan jangan lihat kolom komentar dulu," kata Dito.

Baca Juga: Duel Debutan di Play-off Olimpiade, Timnas U-23 vs Guinea

2. Rujakan warganet bukti animo melonjak tinggi

Petuah Menpora ke Pemain Timnas U-23: Jangan Urusi Warganet!Potret Justin Hubner di Piala Asia U-23 2024. (Instagram/@justinhubner5)

Lebih lanjut, Dito menyebut rujakan dari warganet terhadap para pemain Timnas U-23 adalah bukti tingginya animo masyarakat akan Timnas U-23. Wajar memang animo tinggi, karena Garuda Muda tembus semifinal Piala Asia U-23 2024.

"Kalau masyarakat, saya rasa ramainya komentar netizen itu menandakan animo yang melonjak tinggi. Nggak apa-apa hari ini masih negatif, tapi saya yakin animo ini harus dijaga," kata Dito.

Baca Juga: Menpora Usahakan Timnas U-23 Lawan Guinea Digelar Terbuka

3. Timnas U-23 diserang warganet

Petuah Menpora ke Pemain Timnas U-23: Jangan Urusi Warganet!Potret Timnas U-23 berlatih di Prancis. (Dok. PSSI).

Belakangan, beberapa pemain Timnas U-23 memang kena rujak warganet, buntut dari kegagalan finis tiga besar di Piala Asia U-23 2024. Salah satu yang paling parah terkena serangan warganet adalah Marselino Ferdinan.

Marselino kena rujak warganet selepas Timnas U-23 kalah lawan Irak di laga perebutan tempat ketiga. Dia dirujak lantaran dianggap main egois dan ingin menonjol sendiri, yang berbuah tidak jalannya permainan tim.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya