Comscore Tracker

Piala AFF: Ancaman Nyata Malaysia dan Vietnam buat Indonesia

Malaysia dan Vietnam sudah meraih kemenangan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia benar-benar harus waspada jelang Piala AFF 2020. Ancaman nyata sudah diberikan oleh para pesaing mereka di Grup B, terutama oleh Vietnam dan Malaysia.

Keduanya kompak meraih kemenangan di laga perdana Piala AFF 2020 yang dihelat pada Senin (6/12/2021). Malaysia sukses menundukkan Kamboja dengan skor 3-1, sedangkan Vietnam berhasil menumbangkan Laos dengan skor 2-0. Ini jadi alarm bagi skuad Garuda.

1. Malaysia efektif, Kamboja kesulitan

Piala AFF: Ancaman Nyata Malaysia dan Vietnam buat IndonesiaMalaysia di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Tim Malaysia asuhan Tan Cheng Hoe bermain agresif melawan Kamboja. Meski kalah dari segi penguasaan bola, dengan persentase 43 berbanding 57 persen milik Kamboja, Malaysia mampu mencatatkan peluang lebih banyak.

Hal itu disebabkan Malaysia main efektif. Mereka memanfaatkan kecepatan dari sayap-sayap mereka dengan baik. Malaysia tidak hanya memiliki Safawi Rasid di sayap. Ada nama Akhyar Rashid yang juga sama berbahayanya.

Lini tengah juga menopang permainan efektif Harimau Malaya. Umpan-umpan akurat dari Baddrol Bakhtiar dan Syafiq Ahmad benar-benar memanjakan pemain depan Malaysia. Junior Eldstal juga dapat menjadi pelapis lini pertahanan, terutama saat Malaysia disengat serangan lawan.

Baca Juga: 2 Pemain Malaysia di Piala AFF Positif COVID-19

2. Meski Laos main rapat, Vietnam bisa menang

Piala AFF: Ancaman Nyata Malaysia dan Vietnam buat IndonesiaVietnam di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Selain Malaysia, Vietnam juga harus diwaspadai Indonesia. Menghadapi Laos, mereka sukses meraih kemenangan. Tapi, kemenangan Vietnam juga didapat dengan cara yang tidak mudah. Mereka harus menghadapi pertahanan rapat Laos.

Skema lima bek yang diterapkan Laos membuat sejumlah bintang Vietnam seperti Nguyen Cong Phuong, Nguyen Tien Linh, dan Phan Van Duc, pusing. Meski sudah ditopang Luong Xuan Truong dan Nguyen Hoang Duc, Vietnam susah membongkar pertahanan berlapis Laos.

Namun, berkat kegigihan yang ditunjukkan, Vietnam akhirnya sukses membobol gawang Laos sebanyak dua kali, lewat Cong Phuong dan Van Duc. Total 23 tembakan di laga ini mencerminkan dominasi, sekaligus menakutkannya Vietnam di laga lawan Laos.

3. Indonesia terus bersiap

Piala AFF: Ancaman Nyata Malaysia dan Vietnam buat IndonesiaJadwal Timnas Indonesia di Piala AFF. (IDN Times/Aditya Pratama)

Menilik performa ciamik para lawannya tersebut, Indonesia tidak mau kalah. Penyerang Pasukan Garuda, Kushedya Hari Yudo, menyebut persiapan matang terus dilakukan oleh para penggawa Indonesia. Pematangan taktik dan strategi juga terus dilakukan.

"Pelatih Shin Tae-yong memberikan materi latihan pematangan taktik dan strategi kepada kami. Selain itu koordinasi antar lini, transisi, dan harus bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun," ujar Yudo, dilansir situs resmi PSSI.

Perjalanan Indonesia di Piala AFF 2020 dimulai dengan melawan Kamboja pada 9 Desember. Setelah itu melawan Laos pada 12 Desember, Vietnam pada 15 Desember, dan Malaysia pada 19 Desember 2021.

Baca Juga: Vietnam dalam Tekanan di Piala AFF 2020

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya