Piala Dunia U-17 2023: Grup D Loloskan 3 Tim ke 16 Besar

Argentina, Senegal, dan Jepang jadi wakil Grup D

Jakarta, IDN Times - Argentina dan Jepang meraih kemenangan dalam laga terakhir fase grup Piala Dunia U-17 2023. Bertempat di Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Si Jalak Harupat, keduanya sama-sama mencatatkan hasil positif.

Di JIS, Argentina mengalahkan Polandia dengan skor 4-0. Sementara itu, di Stadion Si Jalak Harupat, Jepang menumbangkan Senegal dengan skor 2-0. Kemenangan ini menghadirkan kabar baik bagi Grup D, karena tiga wakilnya lolos ke babak 16 besar.

1. Argentina sukses benamkan Polandia

Piala Dunia U-17 2023: Grup D Loloskan 3 Tim ke 16 BesarDuel Polandia vs Argentina di Piala Dunia U-17 (IDN Times/Doni Hermawan)

Awal babak pertama, jual beli serangan terjadi antara Argentina dan Polandia. Dengan semangat nothing to lose, mereka menekan pertahanan Argentina dengan masif. Argentina sempat dibuat kerepotan.

Namun, Argentina akhirnya mampu keluar dari tekanan dan mencetak gol pada menit 34, via Thiago Laplace. Sampai babak pertama tuntas, Argentina gagal menambah keunggulan. Mereka mengakhiri babak pertama dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, Argentina langsung menggebrak. Sebanyak dua gol mereka ciptakan dalam waktu berdekatan. Pada menit 46, Agustin Ruberto sukses mencetak gol. Lanjut pada menit 52, giliran Ian Subiabre yang menorehkan gol.

Di sisa waktu babak kedua, Argentina menambah gol via Santiago Lopez pada menit 86. Sampai babak kedua tuntas, skor 4-0 untuk keunggulan Argentina ini bertahan dan membawa mereka menang.

Baca Juga: 4 Alumni Piala Dunia U-17 2009 yang Menjadi Juara Piala Dunia

2. Jepang kalahkan Senegal

Piala Dunia U-17 2023: Grup D Loloskan 3 Tim ke 16 BesarSelebrasi pemain Jepang U-17 usai membobol gawang Polandia U-17, Sabtu (11/11/2023). (Dok. LOC).

Laga berjalan alot di awal babak pertama bagi Jepang dan Senegal. Permainan kedua tim lebih banyak berkutat di lini tengah. Tak ada tekanan berarti yang mengguncang gawang Jepang maupun Senegal. Laga begitu lambat.

Malah, saking lambatnya laga di babak pertama ini, ada momen ketika kiper Senegal melakukan aksi-aksi kecil, karena laga tengah berhenti. Laga pun berlanjut kembali dan pada akhirnya, babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Jepang menambah intensitas tekanan ke lini pertahanan Senegal. Dua gol sukses mereka cetak, dan dua-duanya ditorehkan Rento Takaoka. Skor 2-0 bagi Jepang hingga pertengahan babak kedua.

Di sisa waktu babak kedua, tak ada lagi gol yang tercipta bagi Jepang dan Senegal. Jepang menang, dan melaju ke babak 16 besar.

3. Tiga tim sukses lolos ke 16 besar

Piala Dunia U-17 2023: Grup D Loloskan 3 Tim ke 16 BesarDuel Polandia vs Argentina di Piala Dunia U-17 (IDN Times/Doni Hermawan)

Berkat kemenangan yang diraih Jepang dan Argentina, tiga tim memastikan lolos ke babak 16 besar dari Grup D. Jepang dan Argentina sukses menyusul Senegal yang sudah menyusul lebih dulu.

Argentina melaju ke 16 besar sebagai juara Grup D, disusul Senegal yang lolos sebagai runner-up. Jepang menyusul mereka lolos ke 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik, mengungguli Uzbekistan, Korea Selatan, dan Indonesia.

Baca Juga: Petir Sambar Stadion SJH, Pertandingan Senegal vs Polandia Dihentikan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya