Piala Dunia U-17 2023: Prancis dan Jerman Lolos ke 16 Besar

Prancis dan Jerman sama-sama menang

Jakarta, IDN Times - Prancis dan Jerman sama-sama meraih kemenangan dalam laga kedua fase grup Piala Dunia U-17 2023. Mereka mentas di dua tempat berbeda, yakni Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Si Jalak Harupat pada Rabu (15/11/2023) malam.

Di JIS, Prancis sukses membenamkan Korea Selatan. Sedangkan Jerman, mereka menumbangkan Selandia Baru di Stadion Si Jalak Harupat. Berkat kemenangan ini, Prancis dan Jerman sukses lolos ke 16 besar Piala Dunia U-17 2023. 

1. Prancis kalahkan Korea Selatan

Piala Dunia U-17 2023: Prancis dan Jerman Lolos ke 16 BesarPrancis bersua Korea Selatan di Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Doni Hermawan)

Sejak awal babak pertama, Prancis sudah menunjukkan dominasi mereka atas Korea Selatan. Mereka bahkan mencetak gol cepat via Mathis Amougou pada menit kedua. Unggul cepat menjadikan Prancis lebih tenang.

Akan tetapi, saking tenangnya, Prancis kesulitan mencetak gol kedua ke gawang Korea Selatan. Beberapa peluang yang mereka ciptakan acap tertepis oleh ketatnya pertahanan Korea Selatan. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Prancis.

Memasuki babak kedua, Korea Selatan mulai coba mengimbangi Prancis. Mereka menerapkan serangan-serangan cepat, dan hal itu sempat merepotkan Prancis. Namun, gol tak kunjung mereka dapat karena penyelesaian akhir yang kurang klinis.

Di sisi lain, Prancis juga mengalami hal serupa. Mendapatkan beberapa peluang penting. Mereka gagal memanfaatkan peluang-peluang tersebut. Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan sampai laga usai.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U-17 2023: AS Lolos, Grup F Masih Panas

2. Jerman bungkam Selandia Baru

Piala Dunia U-17 2023: Prancis dan Jerman Lolos ke 16 BesarTimnas Jerman U-17 di EURO 2023 (uefa.com)

Di awal babak pertama, Jerman langsung mengambil inisiatif permainan. Dimotori Paris Brunner, Noah Darvich, Charles Kwablan Herrmann, dan Max Moerstadt, Jerman menekan pertahanan Selandia Baru sedemikian rupa.

Namun, usaha dari Jerman ini urung membuahkan hasil. Selandia Baru menerapkan lini pertahanan yang ketat, bahkan menumpuk tujuh sampai delapan pemain. Namun, Jerman akhirnya sukses membobol gawang Selandia Baru pada menit 45+6.

Berawal dari umpan cantik Marc Hennig, Brunner sukses melesakkan bola ke gawang Selandia Baru. Skor 1-0 untuk Jerman bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Jerman masih dominan. Bahkan, dominasi mereka lebih kuat dibanding babak pertama.

Jerman pun sukses menambah dua gol di babak kedua ini via Max Moerstadt dan Bilal Yalcinkaya. Keunggulan mereka bertambah menjadi 3-0, dan Selandia Baru hanya menipiskan angka sekali via Adam Watson. Skor 3-1 untuk kemenangan Jerman.

3. Posisi Prancis dan Jerman aman

Piala Dunia U-17 2023: Prancis dan Jerman Lolos ke 16 BesarPertandingan Jerman U-17 vs Meksiko U-17 di Piala Dunia, Minggu (12/11/2023).Debbie Sutrisno/IDN Times

Berkat kemenangan ini, posisi Prancis dan Jerman sudah aman di klasemen grup masing-masing. Prancis memuncaki klasemen Grup E Piala Dunia U-17 2023 dengan capaian enam poin dari dua kemenangan.

Sama seperti Prancis, Jerman juga membukukan enam poin dari dua laga. Mereka memuncaki klasemen Grup F Piala Dunia U-17 2023, mengungguli Venezuela dan Meksiko. 

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U-17 2023: AS Lolos, Grup F Masih Panas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya