Piala Eropa 2020: Gol Ala Captain Tsubasa Antar Ceko Sikat Skotlandia

Schick cetak gol indah di laga ini

Jakarta, IDN Times - Skotlandia tumbang dalam laga grup D Piala Eropa 2020, Senin (14/6/2021). Menghadapi Republik Ceko di Hampden Park, Skotlandia kalah dari Ceko dengan skor 0-2.

Dua gol Ceko di babak penyisihan Euro 2020 ini dicetak oleh Patrik Schick. Kemenangan ini mengantarkan Ceko untuk sementara menjadi pemuncak grup D, mengungguli Inggris yang menang 1-0 atas Kroasia di laga sebelumnya.

1. Babak pertama, Ceko bermain efektif

Piala Eropa 2020: Gol Ala Captain Tsubasa Antar Ceko Sikat SkotlandiaSkotlandia vs Ceko. (twitter.com/EURO2020)

Kedua tim turun dengan para pemain inti sejak awal. Skotlandia menurunkan Andrew Robertson, Scott McTominay, Ryan Christie, dan James Forrest. Sedangkan, Ceko menurunkan Tomas Soucek, Tomas Kalas dan Patrik Schick.

Di awal babak pertama, Skotlandia langsung menekan Ceko dengan intens. Lewat sisi sayap, mereka berupaya untuk memberikan ancaman bagi lini pertahanan Ceko. Namun, Skotlandia tampak kesulitan menembus kotak penalti.

Rapatnya lini pertahanan Ceko yang digalang oleh Kalas dan Ondrej Celustka membuat para penyerang Skotlandia kerepotan. Justru, Ceko yang mengancam lewat serangan balik beberapa kali. Malah, mereka sukses mencetak gol pada menit 42.

Memanfaatkan umpan Vladimir Coufal, Schick berhasil menceploskan bola ke gawang Skotlandia lewat sundulannya. Skor berubah 1-0, dan skor ini bertahan sampai babak pertama tuntas.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik di Balik Duel Skotlandia vs Republik Ceko

2. Babak kedua, Ceko semakin nyaman menekan Skotlandia

Piala Eropa 2020: Gol Ala Captain Tsubasa Antar Ceko Sikat SkotlandiaSkotlandia vs Ceko. (twitter.com/EURO2020)

Memasuki babak kedua, giliran Ceko yang mulai menekan Skotlandia. Pemain-pemain macam Vladimir Darida, Jakub Jankto serta Lukas Masopust, jadi motor serangan Ceko di babak kedua ini.

Namun, Schick yang kembali menjadi bintang di pertandingan ini. Pada menit 52, dari lini tengah layaknya aksi karakter kartun captain Tsubasa, Schick menceploskan bola ke gawang Skotlandia.

Ia melakukan tendangan itu setelah melihat posisi kiper Skotlandia yang sedikit maju. Gol pun tercipta. Skor 2-0 untuk Ceko.

Skotlandia langsung melakukan beberapa perubahan di babak kedua ini. Mereka memasukkan Che Adams, Callum McGregor, Ryan Fraser, dan Kevin Nisbet. Ceko merespons dengan memasukkan Tomas Holes, Adam Hiozek dan Matej Vydra.

Perubahan ini membuat permainan Skotlandia sedikit lebih hidup. Mereka kembali mengambil inisiatif permainan dan menekan lini pertahanan Ceko. Namun, apiknya para pemain Ceko dalam bertahan di sisa waktu babak kedua membuat skor 2-0 tetap bertahan sampai laga tuntas.

3. Ceko ungguli Inggris di Grup D

Piala Eropa 2020: Gol Ala Captain Tsubasa Antar Ceko Sikat SkotlandiaSkotlandia vs Ceko. (twitter.com/EURO2020)

Berkat kemenangan ini, Ceko pun untuk sementara menjadi pemuncak klasemen grup D Piala Eropa 2020. Mereka unggul selisih gol atas Inggris, berkat dua gol yang mereka cetak ke gawang Skotlandia ini.

Di laga kedua grup D Euro 2020 nanti, Inggris akan berhadapan dengan Skotlandia. Sedangkan Ceko, mereka gantian akan menghadapi Kroasia, yang kalah 0-1 dari Inggris.

Baca Juga: Kembali ke Piala Eropa Setelah 23 Tahun, Skotlandia Pede Rebut Poin 

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya