Piala Eropa: Timas Belanda Berikan Penghormatan untuk Goran Pandev

Goran Pandev tutup karier bersama Timnas Makedonia Utara

Jakarta, IDN Times - Begitu panjang perjalanan Goran Pandev bersama Makedonia Utara. Sejak memulai debut pada 6 Juni 2001, tidak terasa sudah 122 laga ia jalani bersama Timnas Makedonia Utara di berbagai ajang.

Namun, layaknya tiap perjalanan, masa-masa Pandev bersama Makedonia Utara pun harus selesai. Laga pamungkas Grup C Piala Eropa 2020 yang mempertemukan Belanda dan Makedonia Utara jadi laga terakhir Pandev di Timnas.

Belanda selaku lawan Makedonia Utara di laga tersebut, menunjukkan gestur yang baik. Mereka turut memberikan penghormatan kepada Pandev di laga tersebut.

1. Belanda memberikan penghormatan berupa jersi

Piala Eropa: Timas Belanda Berikan Penghormatan untuk Goran Pandevsport.tvp.pl

Jelang pertandingan dimulai, Belanda memberikan jersi khusus warna oranye bertuliskan Pandev, plus catatan 122 angka di bawahnya. Angka 122 ini sendiri mewakili catatan penampilan Pandev selama membela Makedonia Utara.

Jersi tersebut diberikan oleh kapten Belanda, Georginio Wijnaldum, langsung kepada Pandev. Sebuah gestur yang disambut oleh tepuk tangan para fans yang memadati Amsterdam Arena di laga tersebut.

"Belanda memberikan penghormatan kepada Goran Pandev sebelum laga ke-122-nya bersama Makedonia Utara, sekaligus laga terakhirnya bersama Tim Nasional," tulis pernyataan resmi UEFA.

Baca Juga: 5 Hal Menarik Saat Belanda Bantai Makedonia Utara di Piala Eropa 2020

2. Pandev bertabur catatan apik

Piala Eropa: Timas Belanda Berikan Penghormatan untuk Goran PandevGoran Pandev (theathletic.com)

Selama perhelatan Piala Eropa 2020, Pandev berbalut catatan apik. Selain berhasil mengantarkan Makedonia Utara lolos ke putaran final Piala Eropa sepanjang sejarah, ia juga menjadi pencetak gol perdana Makedonia Utara di Piala Eropa 2020. Gol itu ia cetak ke gawang Austria.

Berkat gol ini juga, Pandev jadi pemain tertua kedua sepanjang sejarah yang mampu bikin gol di ajang Piala Eropa. Jika ditotal, dari 122 laga bersama Makedonia Utara, Pandev sudah membukukan 38 gol.

3. Pandev sudah mengonfirmasi kabar pensiunnya ini

Piala Eropa: Timas Belanda Berikan Penghormatan untuk Goran PandevGoran Pandev (twitter.com/brfootball)

Kabar mengenai Pandev yang akan pensiun dari Timnas Makedonia Utara sudah santer beredar sejak pekan lalu. Pandev sendiri yang memastikan kabar ini, sekaligus menegaskan bahwa Piala Eropa 2020 akan jadi perjalanan terakhirnya bersama Makedonia Utara.

"Ya, laga ini (lawan Belanda) jadi laga terakhir saya berseragam Makedonia Utara, sekaligus jadi penanda akhir perjalanan saya bersama Timnas. Saya senang pensiun dengan cara seperti ini, dan perpisahan ini begitu indah," ungkap Goran Pandev.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik di Balik Kesempurnaan Belanda

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya