Comscore Tracker

Potensi Final Kepagian di Fase Gugur Piala Dunia 2022

Setiap tim melakoni perjalanan berbeda

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia 2022 sudah memasuki babak 16 besar. Sejauh ini, sudah ada tujuh tim yang memastikan langkah ke fase gugur. Mereka adalah Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Brasil, dan Portugal.

Nantinya, 16 tim yang sudah lolos ke fase gugur ini akan dibagi ke dalam bagan yang sudah ditentukan. Bagan inilah yang kelak jadi penentu, siapa yang akan bertemu siapa, dan seperti apa langkah-langkah yang harus dilalui.

Seperti apa bagan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 ini?

Baca Juga: Skema Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Berpotensi Terjegal

1. Bagan sebelah kiri

Potensi Final Kepagian di Fase Gugur Piala Dunia 2022Frenkie de Jong cetak gol pertamanya di Piala Dunia dalam laga Belanda vs Qatar (Twitter.com/OnsOranje)

Untuk bagan sebelah kiri, diisi oleh delapan tim yang terbagi jadi empat juara grup dan empat runner-up grup. Khusus di bagan ini, juara grup yang akan tampil adalah A, C, E, dan G.

Nantinya, para juara grup ini akan bersua runner-up B, D, F, dan H. Nah, bagan ini berpeluang diisi oleh tim-tim besar, tergantung dari hasil yang mereka dapat. Menilik isinya, bagan ini berpotensi diisi Argentina, Spanyol, atau Jerman.

Tidak cuma itu, bagan ini juga berpotensi diisi tim-tim macam Denmark, Maroko, hingga Ghana atau Uruguay. Selain tim-tim besar, ternyata bagan ini juga berpeluang diisi tim-tim kuda hitam.

2. Bagan sebelah kanan

Potensi Final Kepagian di Fase Gugur Piala Dunia 2022Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022. ( ANTARA FOTO/Reuters--Marko Djurica)

Sama seperti kiri, bagan sebelah kanan diisi oleh empat tim juara grup dan lainnya runner-up. Untuk juara grup, dihuni oleh B, D, F, dan H.

Nantinya, para juara grup ini akan bersua dengan runner-up A, C, E, dan G. Bagan ini diprediksi tidak akan terlalu berat, dan percaturan kekuatannya lebih merata dibandingkan bagan sebelah kiri.

Bagan ini berpotensi diisi Kroasia, Prancis, dan Portugal. Selain itu, ada Brasil. Serbia, Swiss, bahkan Jerman yang berpeluang mengisi bagan ini. Disinyalir, tak akan ada laga besar yang terjadi karena tim-tim besar terbagi rata.

3. Potensi laga-laga besar yang terjadi

Potensi Final Kepagian di Fase Gugur Piala Dunia 2022Lionel Messi sedang berduel dengan pemain Arab Saudi di laga Grup C Piala Dunia 2022. Dalam laga ini Arab Saudi secara mengejutkan menang tipis dengan skor 1-2. (Twitter/@Argentina)

Di bagan sebelah kiri, ada beberapa potensi laga besar yang terjadi. Belanda bisa saja bersua Argentina di perempat final, pun Spanyol yang bisa bersua Brasil.

Sedangkan di bagan sebelah kanan, laga-laga besar masih terbagi rata. Potensi laga besar baru akan terjadi di semifinal. Bisa saja Inggris bersua Portugal, atau Kroasia yang bertemu Prancis.

Intinya, Piala Dunia 2022 tetap berpeluang menghadirkan laga-laga seru. Namun, bagi beberapa tim, mereka harus melalui jalan terjal agar bisa melaju lebih jauh.

Baca Juga: Skenario Grup D Piala Dunia 2022, Siapa yang Temani Prancis?

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya