PR Besar Timnas U-20 saat Diimbangi Moldova: Umpan!

Timnas U-20 gagal menang kali ini

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 meraih hasil kurang memuaskan dalam laga uji coba kedua lawan Moldova, Jumat (4/11/2022) malam. Bertarung di Emirhan Stadium Side, skuad Garuda Nusantara ditahan imbang tanpa gol.

Penggawa Timnas U-20, Alfriyanto Nico, menyebut banyak evaluasi yang harus dilakukan oleh para penggawa Timnas U-20. Ada juga poin-poin yang jadi sorotan dari sang pelatih, Shin Tae Yong.

1. Umpan dan organisasi serangan yang kurang baik

PR Besar Timnas U-20 saat Diimbangi Moldova: Umpan!Timnas U-20 lawan Moldova. (Dok. PSSI)

Nico mengungkapkan, para pemain Timnas U-20 kurang tajam dan cerman dalam hal umpan serta membangun serangan di pertandingan ini. Buruknya kedua aspek itu, berdampak pada sulitnya para pemain Garuda Nusantara mengembangkan permainan.

"Soal laga tadi (lawan Moldova) ya masih banyak kekurangan, terutama dalam umpan dan membangun serangan, terus sama komunikasi. Evaluasinya ya lebih ditingkatkan lagi konsentrasi, umpan harus diperbaiki, dan penyelesaian akhir," ujar Nico usai laga.

Baca Juga: Soal Markas Timnas Indonesia, PSSI Akan Konsultasi dengan AFF

2. Para pemain Timnas U-20 harus rajin cari ruang

PR Besar Timnas U-20 saat Diimbangi Moldova: Umpan!Timnas U-20 lawan Moldova. (Dok. PSSI)

Nico juga menyebut, ada satu hal yang disoroti oleh Shin di laga ini. Sosok asal Korea Selatan itu kerap meminta para pemainnya untuk cari ruang. Hal itu tak lepas dari stagnansi permainan yang dipertontonkan Nico dan kolega.

"Ya, coach Shin minta kami cari ruang di laga tadi, banyak lari, dan suruh sabar juga," tutur Nico.

Penggawa Persija Jakarta itu pun mengungkapkan, ke depannya bersama setimnya akan memperbaiki segala kekurangan di laga ini. Selain soal umpan dan cari ruang, dia juga menyebut soal skema pertahanan yang masih harus dibenahi.

"Kalau latihan ke depannya, ya, kami harus latihan jaga konsistensi saat bertahan dan memperbanyak buat aliran bola ke depan dan memanfaatkan peluang yang ada," tutur Nico.

Baca Juga: Gara-Gara Suhu, Para Pemain Timnas U-20 Kena Flu di Turki

3. Sekali menang dan imbang lawan Moldova

PR Besar Timnas U-20 saat Diimbangi Moldova: Umpan!Timnas U-20 lawan Moldova. (dok. PSSI)

Laga pada Jumat (4/11/2022) ini jadi pertemuan kedua antara Timnas U-20 lawan Moldova di Turki. Pada pertemuan pertama di Ataturk, skuad asuhan Shin Tae Yong menang dengan skor 3-1, usai tertinggal 0-1 di babak pertama.

Kini, di pertemuan kedua, Moldova memberikan perlawanan dan membuat Timnas U-20 kesulitan. Total, sekali imbang dan sekali menang adalah hasil yang didapatkan skuad Garuda Nusantara saat bersua tim asal Eropa itu.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya