Premier League Kuasai Bursa Transfer Lagi Musim Panas Ini

Premier League memang kuat secara duit

Jakarta, IDN Times - Premier League kembali menunjukkan kekuatan finansialnya di bursa transfer. Dilansir Marca, mereka jadi klub yang paling banyak mengeluarkan dana belanja di sesi transfer musim panas 2022 ini.

Sejauh ini, Premier League ditaksir sudah menghabiskan biaya sebesar 1,16 miliar euro (setara Rp17,7 triliun) di bursa transfer musim panas 2022 ini. Mereka unggul atas lima liga top Eropa lain macam LaLiga, Bundesliga, dan Serie A.

Serie A berada di posisi kedua dengan total dana belanja 498,2 juta euro, diikuti Bundesliga sebesar 378,43 juta euro, LaLiga sebesar 305,65 juta euro, dan yang terbawah adalah Ligue 1 dengan total dana belanja 268,65 juta euro.

1. Dana belanja Premier League ini mengalami penurunan

Premier League Kuasai Bursa Transfer Lagi Musim Panas IniManchester City bersua Atletico Madrid di Liga Champions. (ANTARA FOTO/Action Images/Carl Recine/via REUTERS)

Meski masih jadi liga paling royal, rupanya dana belanja Premier League mengalami penurunan di 2022 ini. Sebelumnya, pada musim 2017/18 dan 2019/20, Premier League bisa menghabiskan dana masing-masing sebesar 2,16 miliar dan 1,7 miliar.

Pada dua musim tersebut, klub-klub Premier League sangat banyak sekali melakukan belanja pemain. Mereka berinvestasi kepada pemain-pemain muda, dan tentunya para bintang yang direkrut dengan harga mahal.

Baca Juga: 5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester City

2. Klub-klub lain yang tak kalah royal

Premier League Kuasai Bursa Transfer Lagi Musim Panas IniRobert Lewandowski (twitter.com/fcbarcelona_es)

Meski Premier League jadi liga yang paling royal, bukan berarti klub-klub dari liga lain kalah royal. Dua nama besar dari Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, jadi tim yang menunjukkan kekuatan finansialnya di musim panas 2022 ini.

Madrid mendatangkan Aurelien Tchouameni dengan harga 80 juta euro. Sedangkan Barcelona, mereka mendatangkan nama-nama macam Raphinha dan Robert Lewandowski dengan harga yang juga tidak kalah mahal.

Di tengah kondisi finansial yang masih belum stabil, Barcelona masih bisa mendatangkan nama-nama ciamik. Berkat transfer Madrid dan Barcelona ini, LaLiga pun tetap jadi kompetisi yang kompetitif dalam hal dana transfer.

3. Dana yang masih bisa bertambah

Premier League Kuasai Bursa Transfer Lagi Musim Panas IniCristiano Ronaldo bersama Manchester United. (twitter.com/Squawka)

Bursa transfer musim panas 2022 sendiri akan ditutuup pada 1 September 2022 mendatang. Masih ada waktu satu bulan lagi bagi klub-klub di lima liga top Eropa, untuk mendatangkan para pemain yang jadi incaran mereka.

Premier League, LaLiga, Bundesliga, Serie A, dan Ligue 1 masih bisa bergejolak lagi pada Agustus 2022 mendatang. Apalagi, masih ada nasib-nasib para pemain yang menggantung, salah satunya Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: Panas! Persaingan 4 Klub Premier League Berebut Tiket Liga Champions

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya