Profil Abdulla Yusuf Helal: Dari Eropa Lalu ke Pesija

Sempat bermain di Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta akhirnya melengkapi slot pemain asingnya. Setelah mendatangkan nama-nama seperti Ondrej Kudela, Michael Krmencik, dan Hanno Behrens, sekarang mereka meresmikan kedatangan Abdulla Yusuf Helal.

Yusuf Helal jadi pemain asing terakhir yang bakal memperkuat Persija di musim 2022/23, sekaligus melengkapi slot Asia yang masih kosong. Dia diperkenalkan oleh tim 'Macan Kemayoran' pada Rabu (20/7/2022) sebagai rekrutan anyar tim.

"Saya senang akhirnya tim ini sudah komplet. Dia seorang pemain yang memiliki mentalitas tinggi dan saya harap dia bisa menambah variasi serangan tim," kata pelatih Persija, Thomas Doll, dalam keterangan resminya.

Nah, sekarang pertanyaan pun menyeruak. Siapa Yusuf Helal ini? Kenapa Persija tertarik untuk merekrut sosok kelahiran Bahrain tersebut?

1. Memulai karier di Bahrain, lalu main di Eropa

Profil Abdulla Yusuf Helal: Dari Eropa Lalu ke PesijaAbdulla Yusuf Helal, pemain baru Persija. (instagram.com/abdulla_yusuf_)

Helal sendiri memulai karier di East Riffa. Dia merupakan produk dari akademi East Riffa, yang pada akhirnya berhasil mengunci posisi di tim utama pada rentang waktu 2014 hingga 2017. Dia juga sempat membela tim Bahrain lain, Al Muharraq, hingga 2018.

Selama bermain di Bahrain, Yusuf Helal terbilang menonjol, hingga akhirnya berkesempatan membela Timnas Bahrain. Penampilan apik inilah yang pada akhirnya membawa Yusuf ke Eropa, tepatnya ke Liga Republik Ceko.

Di Ceko, Yusuf Helal mengawali karier bersama Bohemians. Bersama klub asal Praha itu, pemain yang kini berusia 29 tahun itu berhasil mencetak lima gol dan enam asis dari 29 laga. Lanjut pada 2019, dia membela tim tetangga Bohemians, Slavia Praha.

Di Slavia, Yusuf Helal mendapatkan jam terbang yang lumayan, yakni 32 laga. Selama itu, dia mencetak tiga gol dan dua asis. Yusuf Helal juga pernah merasakan masa peminjaman di Slovan Liberec. Dia mentas sebanyak 36 kali di sana, berbalut catatan tujuh gol.

Sedangkan di level Timnas, Yusuf Helal sudah menorehkan 59 penampilan bersama Bahrain, berbalut torehan lima gol. Dia sempat main juga di Kualifikasi Piala Asia 2023, saat Bahrain bersua Malaysia dan Turkmenistan.

Baca Juga: Hanno Behrens Gatal Ingin Unjuk Gigi di Hadapan The Jakmania

2. Yusuf Helal pernah merasakan atmosfer Liga Champions

Profil Abdulla Yusuf Helal: Dari Eropa Lalu ke PesijaCaption: Abdulla Yusuf Helal, pemain baru Persija. (instagram.com/abdulla_yusuf_)

Pernah bermain di Slavia dan Slovan, Yusuf Helal pun ternyata pernah merasakan juga atmosfer Liga Champions, tepatnya di musim 2019/20. Ketika itu, Yusuf Helal merasakan dua caps di Liga Champions, dan salah satu laganya melawan Inter Milan.

Tidak cuma Liga Champions, Yusuf Helal juga pernah merasakan atmosfer Liga Europa bersama Slovan Liberec. Dia tampil dalam lima laga, dan berhasil mengemas satu gol dan satu asis.

Menilik pengalamannya ini, bisa dibilang bahwa Yusuf Helal sudah paham sepak bola Eropa. Meski hanya bermain di Ceko, pengalamannya mentas di Liga Champions dan Liga Europa adalah nilai plus tersendiri.

3. Yusuf Helal bisa bantu Krmencik

Profil Abdulla Yusuf Helal: Dari Eropa Lalu ke PesijaAbdulla Yusuf Helal, pemain baru Persija. (instagram.com/abdulla_yusuf_)

Yusuf Helal sejatinya berposisi sebagai penyerang, sama seperti Krmencik. Dia memiliki tinggi badan 194 cm, cukup tinggi untuk ukuran penyerang. Selain main sebagai penyerang, dia juga bisa main sebagai penyerang lubang dan gelandang serang.

Dengan tinggi badannya ini, Yusuf Helal bisa jadi sosok andalan Persija dalam hal duel udara. Persija bisa menerapkan permainan post play dengan tinggi badan Yusuf Helal ini. Eks pemain East Riffa ini juga punya kemampuan dribel ciamik.

Hadirnya Abdulla Yusuf Helal ini dapat memberikan dimensi permainan yang baru bagi Persija. Tidak hanya mengandalkan bola-bola bawah, kelak, 'Macan Kemayoran' juga bakal memiliki sosok pemantul ciamik dalam diri Yusuf Helal.

Baca Juga: Profil Michael Krmencik, Calon Mesin Gol Persija

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya