PSM Tahan Imbang Persib di Stadion GBLA

Maung Bandung kesulitan membongkar pertahanan PSM

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung gagal meraih kemenangan dalam laga pekan 21 Liga 1 2023/24. Bersua PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Senin (4/12/2023) malam WIB, mereka bermain imbang 0-0.

Di awal-awal babak pertama, Persib langsung tampil menekan. Mereka mengurung lini pertahanan PSM dengan mengandalkan para pemain depan mereka macam Ciro Alves, David da Silva, hingga Beckham Putra Nugraha.

Akan tetapi, PSM mampu menyesuaikan diri dengan tekanan Persib ini. Mereka menerapkan permainan yang keras, dan itu sukses mengganggu ritme permainan dari Persib. Bahkan, itu membuka kesempatan mereka untuk menyerang balik.

Memasuki pertengahan babak pertama, PSM lebih nyaman bermain. Mereka berani menguasai bola, dan bahkan sempat mencatatkan peluang emas. Sayang, PSM belum mampu mencatatkan keunggulan. Persib masih aman.

Sadar bahwa PSM sudah bisa menekan balik, Persib melakukan modifikasi di lini serang. Mereka memang masih mengandalkan Ciro, tetapi pemain-pemain lain mulai aktif bergerak di lini depan. Alhasil, lini pertahanan PSM mulai agak sedikit kacau.

Beberapa peluang pun sukses diciptakan Persib. Akan tetapi, Da Silva tidak begitu klinis di babak pertama ini. Dia gagal memanfaatkan setiap asupan bola yang mengalir kepadanya. Dia dikawal ketat oleh Yuran Fernandes.

Di sisa waktu babak kedua, kebuntuan masih menghampiri kedua tim. Alhasil, skor 0-0 untuk Persib dan PSM bertahan sampai babak pertama tuntas. Belum ada yang unggul di babak ini.

Belum ada perubahan pemain yang dilakukan kedua tim di awal babak kedua. Hal yang sama juga terjadi pada intensitas permainan kedua tim. Persib dan PSM masih saling serang, sama seperti di babak pertama.

Persib masih dilanda kesulitan untuk mencetak peluang bersih di babak kedua ini. Kehilangan Levy Madinda begitu terasa. Mereka tak punya sosok yang bisa mendobrak dari lini kedua, saat para pemain depan dikawal ketat bek lawan.

Di sisi lain, serangan-serangan PSM masih bersifat spartan. Serangan mereka tidak terencana dengan baik dan terlalu mengandalkan individu. Alhasil, serangan-serangan mereka bisa dengan mudah dinetralisir bek-bek Persib.

Memasuki pertengahan babak kedua, perubahan baru dilakukan kedua tim. Persib memasukkan Febri Hariyadi, Henhen Herdiana, hingga Stefano Beltrame, sementara PSM memasukkan Ananda Raehan, Rizky Eka, dan Ze Paulo. Perubahan ini tidak membawa efek berarti.

Dari sisi Persib, sampai masa-masa akhir babak kedua, mereka tetap dihiasi kebuntuan. Beltrame yang diharapkan bisa jadi pembeda, tampak seperti orang linglung. Di sisi lain, PSM juga masih melancarkan serangan yang sifatnya sporadis.

Alhasil, situasi di akhir babak pertama kembali terulang di akhir babak kedua ini. Baik itu Persib maupun PSM tetap kesusahan dalam mencetak gol karena sama-sama minim inspirasi. Skor 0-0 pun bertahan sampai babak kedua tuntas.

Baca Juga: Persib Vs PSM, Misi Juku Eja Menjegal Laju Pangeran Biru

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya