PSSI Belum Bisa Pastikan Desain Baru Jersey Timnas Meluncur Agustus

PSSI punya banyak catatan ke Erspo

Intinya Sih...

  • PT GSI menasihati Erspo terkait desain jersey Timnas Indonesia dan menyatakan perlunya pendampingan sebagai mitra baru.
  • Pertemuan antara Marshal, founder Erspo, dan coach Justin bertujuan untuk meluruskan masalah desain jersey serta memberikan pembenahan bagi Erspo.
  • Marshal menyoroti sikap kurang pantas dari desainer jersey Timnas yang tidak mencerminkan budaya ketimuran, serta mempertanyakan ucapan coach Justin soal desain baru.

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Garuda Sepakbola Indonesia (GSI), Marshal Masita, selaku perwakilan PSSI di bidang marketing Timnas Indonesia mengaku pihaknya sudah menasihati Erspo selaku apparel bagi skuad Garuda.

Dia memyatakan PSSI dan GSI sudah memiliki catatan terhadap Erspo. Itu tidak cuma soal desain jersey Timnas saja. Sebagai mitra baru, mereka sadar Erspo masih butuh pendampingan.

"Nah, PSSI dan GSI Sebenarnya punya catatan banyak terhadap Erspo. Namanya juga mitra baru, kami baru kawin, pasti ada penyesuaian, adaptasi, dan lain-lain. Itu normal lah di semua hubungan kerja sama akan terjadi," ujar Marshal kepada para jurnalis, Selasa (2/4/2024).

1. Pertemuan dengan coach Justin jadi momen sharing

PSSI Belum Bisa Pastikan Desain Baru Jersey Timnas Meluncur AgustusInstagram.com/ernandaputra

Marshal juga mengungkapkan, pertemuan antara Muhammad Sadad selaku founder Erspo, dirinya, dan Justinus Lhaksana alias coach Justin, di Jakarta, Senin (1/4/2024) adalah untuk meluruskan masalah soal jersey ini.

Dalam pertemuan itu, selain unek-unek yang coach Justin keluarkan, Marshal selaku perwakilan GSI dan PSSI juga membeberkan tentang poin-poin pembenahan bagi Erspo. Namun, Marshal mengaku poin-poin ini tak bisa disebarkan.

"Pertemuan Senin (1/4/2024) bukan hanya soal desain sebenarnya. Tapi, kami pun memanggil Erspo untuk dipertemukan dengan Coach Justin, agar meluruskan masalahnya dan untuk mempertegas juga, selaku mitra ya support Erspo untuk memperbaiki banyak catatan-catatan tadi," kata Marshal.

Baca Juga: PSSI: Shin Yakin Bisa Melebihi Target di Piala Asia U-23

2. PSSI dan GSI sayangkan sikap Ernanda

PSSI Belum Bisa Pastikan Desain Baru Jersey Timnas Meluncur AgustusErnanda Putra, founder Makna Group yang mendesain jersey baru timnas Indonesia (instagram.com/ernandaputra)

Marshal juga menyayangkan sikap dari Ernanda Putra selaku desainer dari jersey baru Timnas. Dia menilai, sikap Ernanda tersebut tidak mencerminkan budaya ketimuran, dengan kata-kata yang ofensif.

"Mungkin apa yang dikatakan oleh orang tersebut (Ernanda) atau menyatakan mewakili sebagai desainernya dari pihak mitra kami, Erspo, kurang pantas ya. Tidak bijak lah karena kita budaya timur, harus punya tutur kata yang tidak ofensif," kata Marshal.

3. Benarkah desain baru jersey hadir Agustus?

PSSI Belum Bisa Pastikan Desain Baru Jersey Timnas Meluncur AgustusJersey baru Timnas Indonesia gubahan Erspo. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Menyoal ucapan coach Justin yang menyebut desain baru untuk jersey Timnas yang akan hadir di Agustus 2024, Marshal belum bisa memastikan. Yang dia tahu, proses penggodokan desain baru ini butuh waktu tiga sampai enam bulan.

"Setahu saya di dunia fashion industry itu butuh lead time tiga sampai enam bulan. Kenapa butuh lead time sepanjang itu? Karena prosesnya panjang mulai dari pembelian, kemudian celup bahan, jahit, QC, dan lain-lain," kata Marshal.

"Intinya, PSSI dan GSI sebagai partner justru mendukung karena Erspo ini adalah sponsor kami. Mereka membayar sejumlah kewajiban kepada kami sebagai pemegang rights apparel Timnas Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: V8 Sport, Apparel Lokal Milik Eks Kapten Timnas Futsal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya