PSSI Pastikan Thom Haye dan Ragnar Gagal Debut di SUGBK pada 21 Maret 

Thom dan Ragnar belum diambil sumpah

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, memastikan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, urung melakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 21 Maret 2024.

Arya berujar, Thom dan Ragnar urung melakoni proses pengambilan sumpah kendati sudah sempat tiba di Indonesia beberapa hari yang lalu. Kehadiran mereka di Indonesia sekadar mengurus administrasi yang belum lengkap.

"Kedatangan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen ke Indonesia beberapa hari lalu memang melengkapi administrasi-administrasi yang nantinya dipakai untuk tahap berikutnya (naturalisasi)," ujar Arya dalam keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).

1. Thom dan Ragnar diproyeksikan debut 26 Maret

PSSI Pastikan Thom Haye dan Ragnar Gagal Debut di SUGBK pada 21 Maret Instagram

Alih-alih diproyeksikan debut pada 21 Maret, Arya menyebut bahwa federasi memproyeksikan Thom dan Ragnar untuk debut pada 26 Maret. Itu berarti, mereka dipersiapkan untuk laga tandang lawan Vietnam di My Dinh, Hanoi.

"Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen akan kita siapkan administrasinya semuanya supaya siap bertanding pada tanggal 26 Maret melawan Vietnam di My Dinh, Hanoi," kata Arya.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Menyusul

2. Arya jelaskan alasan tertahannya dokumen keduanya di DPR

PSSI Pastikan Thom Haye dan Ragnar Gagal Debut di SUGBK pada 21 Maret DPR RI menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 pada Selasa (5/3/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Arya menjelaskan alasan kenapa dokumen Thom dan Ragnar baru ditandatangani pada Rabu (13/3/2024). Dia beralasan, hari itu merupakan hari pertama DPR bekerja lagi di bulan Ramadhan ini.

"Surat dari DPR sudah ditandatangani oleh DPR pada Rabu, 13 Maret 2023, karena memang hari Rabu ini adalah hari kerja setelah sebelumnya libur, langsung hari pertama setelah libur, DPR memproses secara administrasi," beber Arya.

3. Tetap meleset dari target PSSI

PSSI Pastikan Thom Haye dan Ragnar Gagal Debut di SUGBK pada 21 Maret Thom Haye dan Jay Idzes (instagram.com/pssi)

Untuk Nathan Tjoe-A-On, dia sudah melakoni proses pengambilan sumpah pada 12 Maret 2024. Bedanya, jika lazimnya proses pengambilan sumpah dilakukan pada siang hari, Nathan melakukannya saat larut malam.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen akan rampung pada 13 Maret. Dengan adanya kabar ini, berarti target mereka meleset. Alhasil, debut keduanya di SUGBK harus tertunda.

Baca Juga: Invasi Pemain Naturalisasi di Timnas Tambah Tekanan Shin Tae Yong

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya