PSSI Pastikan VAR Digunakan di Piala Dunia U-17 2023

VAR akan digunakan di empat stadion Piala Dunia U-17

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga memastikan, Piala Dunia U-17 2023 akan menggunakan teknologi video assistant referee (VAR). Teknologi itu akan dipakai di empat stadion yang jadi venue laga.

"Pakai (VAR). Lokasinya di empat stadion itu, dan akan dimulai sejak babak penyisihan," ujar Arya di Kantor PSSI, Senin (6/11/2023).

1. Sudah dipastikan juga oleh pihak broadcaster

PSSI Pastikan VAR Digunakan di Piala Dunia U-17 2023bbc.com

Sebelumnya, CEO VIP Production Emtek, Indra Yudhistira, menyebut, VAR dipastikan hadir di Piala Dunia U-17 2023. Nantinya, tim VAR akan datang dari FIFA dan langsung berhubungan dengan tim produksi siaran dari Emtek.

"Tim VAR itu nanti dari FIFA, mereka bawa alat-alatnya semua. Terus nanti ditaruh di sebelah control room dan kita harus taruh satu kamera juga. Di stadion akan disediakan ruangan khusus (tim) VAR," ujar Indra.

Baca Juga: Peserta Piala Dunia U-17 Puji Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah

2. Sistem VAR di Liga 1 sama dengan Piala Dunia U-17

PSSI Pastikan VAR Digunakan di Piala Dunia U-17 2023premierleague.com

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan, sistem Video Assistant Referee (VAR) yang dipakai di Liga 1 nanti akan sama dengan yang digunakan di Piala Dunia U-17 2023. Dengan begitu, ajang nanti juga akan jadi momen belajar bagi federasi.

"Jadi, bahwa penggunaan sistem VAR di ajang Piala Dunia U-17 2023 itu (nantinya) sama dengan sistem yang akan kami pakai di Liga 1. Jadi sama sistemnya," ujar Erick dalam sesi jumpa pers di Gelora Bung Karno (GBK), beberapa waktu lalu.

3. Momen belajar dan modal penerapan VAR di Liga 1

PSSI Pastikan VAR Digunakan di Piala Dunia U-17 2023VAR (twitter.com/fifamedia)

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan, hadirnya VAR dan goal line technology di Piala Dunia U-17 2023 ini akan jadi momen belajar bagi Indonesia. Termasuk menjadi momen bagi Emtek belajar bagaimana VAR dan goal line technology bekerja.

Selain itu, peluang hadirnya VAR ini juga bakal jadi modal bagi Liga 1. Rencananya, VAR akan diterapkan di Liga 1 per Februari 2024. Piala Dunia U-17 2023 ini bisa jadi masa pengakraban sepak bola Indonesia dengan VAR.

"Karena salah satu keinginan kita nanti acaranya selesai (Piala Dunia U-17 2023), VAR-nya bisa digunakan. Pak Erick inginnya stay, kan. Ada kemungkinan (stay) di sini. Makanya Liga 1, Februari rencananya pakai VAR," kata Indra.

Baca Juga: Sistem VAR Liga 1 Sama dengan Piala Dunia U-17 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya