PSSI Rencanakan Thom dan Ragnar Ambil Sumpah Pekan Depan

Dokumen Thom dan Ragnar sudah masuk Setneg

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan respons terkait kelanjutan proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Dia berujar, kedua pemain itu direncanakan mengambil sumpah sebagai WNI pekan depan.

"Untuk Thom dan Ragnar, kemungkinan minggu depan untuk pengambilan sumpahnya (sebagai WNI)," ujar Erick di Menara Danareksa, Kamis (14/3/2024).

1. Keppres diharapkan kelar pekan ini

PSSI Rencanakan Thom dan Ragnar Ambil Sumpah Pekan DepanKetum PSSI, Erick Thohir di Menara Danareksa. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick berujar, saat ini dokumen naturalisasi Thom dan Ragnar sudah masuk ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Dia berharap, satu atau dua hari ke depan Keputusan Presiden (Keppres) untuk naturalisasi keduanya sudah keluar.

"Kemarin Alhamdulillah dari pimpinan DPR sudah keluar kita sudah terima kemarin sore (dokumen naturalisasi Thom dan Ragnar), lalu hari ini masuk ke Mensesneg, semoga satu dua hari ini bapak Presiden bisa mengeluarkan suratnya (Keppres)," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Pastikan Thom Haye dan Ragnar Gagal Debut di SUGBK pada 21 Maret 

2. Erick ucapkan terima kasih kepada DPR

PSSI Rencanakan Thom dan Ragnar Ambil Sumpah Pekan DepanDPR RI menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 pada Selasa (5/3/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Erick mengucapkan terima kasih kepada DPR selama proses naturalisasi Thom dan Ragnar ini, termasuk juga naturalisasi Maarten Paes. Dia memaklumi, tersendatnya dokumen Thom dan Ragnar yang dikarenakan DPR sempat libur.

"Tapi memang kan kebetulan ada libur yang kadang-kadang, semualah termasuk saya termasuk fans sepak bola ya memang libur, kita harus nunggu suratnya (dokumen naturalisasi Thom dan Ragnar)," ujar Erick.

3. Proses naturalisasi Thom dan Ragnar sempat tersendat

PSSI Rencanakan Thom dan Ragnar Ambil Sumpah Pekan DepanThom Haye dalam sebuat pertandingan SC Heerenveen di Eredivisie musim 2022/23. (Instagram.com/thomhaye)

Sejatinya, DPR sudah menyetujui proses naturalisasi Thom, Ragnar, dan Paes pada 7 Maret 2024 lalu, via Komisi X dan Komisi III. Akan tetapi, dalam rentang waktu tersebut, ternyata Keppres untuk Thom dan Ragnar belum keluar.

Rupanya, Ketua DPR Puan Maharani belum menandatangani dokumen naturalisasi Thom dan Ragnar, yang jadi syarat untuk keluarnya Keppres. Sekarang, dengan masuknya dokumen itu ke Kemensetneg, proses keduanya menuju pengambilan sumpah makin dekat.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Menyusul

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya