PSSI: Shin Yakin Bisa Melebihi Target di Piala Asia U-23

Shin Tae Yong targetkan Timnas U-23 masuk empat besar

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan, Shin Tae Yong mematok target melebihi target federasi di Piala Asia U-23 2024. Dia yakin, Timnas U-23 bisa menembus babak semifinal.

"Untuk Shin Tae Yong, target dari kita itu masuk delapan besar. Tapi dia mengatakan (Timnas U-23) bisa masuk ke semifinal (di Piala Asia U-23). Shin mengatakan ke Pak Erick (Ketum PSSI) bisa lolos empat besar," kata Arya di GBK Arena,  Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga: Indonesia Ada di Grup Neraka Piala Asia U-23, Ernando Ari Tak Takut

1. Perjanjian Shin dan PSSI memang melibatkan Piala Asia U-23

PSSI: Shin Yakin Bisa Melebihi Target di Piala Asia U-23Witan Sulaeman dan Pratama Arhan masuk skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).

Arya juga mengatakan terlepas dari hasil apik di Kualifikasi Piala Dunia 2026, hasil di Piala Asia U-23 2024 akan menentukan nasib Shin ke depan. Sebab, target delapan besar di ajang itu memang sudah masuk perjanjian antara Shin dan PSSI.

"Sudah begitu perjanjiannya (melibatkan target delapan besar di Piala Asia U-23 2024). Itu perjanjian antara PSSI dan Shin, disepakatinya seperti itu, dan Shin setuju dengan target itu," kata dia.

2. Semua aspek tetap masuk penilaian

PSSI: Shin Yakin Bisa Melebihi Target di Piala Asia U-23Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Meski menetapkan dua target utama, yakni 16 besar Piala Asia 2023 dan delapan besar Piala Asia U-23 2024, PSSI tak akan abai dengan pencapaian Shin yang lain. Itu berarti, hasil-hasil Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2026 juga masuk hitungan.

"Ya kita juga melihat Timnas senior kan berpeluang besar masuk ke babak ketiga (Kualifikasi Piala Dunia 2026), jadi memang semua hasil Timnas bersama Shin kami pertimbangkan. Cuma tetap dua target itu yang utama," kata Arya.

Baca Juga: Shin Tae Yong soal Kans Timnas di Piala Asia U-23: Saya Bukan Tuhan

3. Bagaimana jika Shin tak penuhi target?

PSSI: Shin Yakin Bisa Melebihi Target di Piala Asia U-23Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Arya mengaku, jika kelak Shin tidak memenuhi target, tentu akan ada obrolan antara mereka dan federasi. Jika Timnas U-23 tidak lolos Piala Asia U-23, PSSI akan mengajak Shin bicara empat mata.

"Ya nanti kita tanya ke Shin-nya (jika tak lolos delapan besar Piala Asia U-23). Kita tanya, kan sepakatnya targetnya segini, kira-kira bagaimana bro? Intinya ngobrol lah," kata Arya.

Merunut jadwal, Piala Asia U-23 2024 akan dihelat di Qatar, pada 15 April sampai 3 Mei 2024. Timnas U-23 tergabung di Grup A bersama Qatar, Yordania, dan Australia. Tugas berat menanti Shin Tae Yong. Ada target PSSI menanti.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya