PSSI Soal Live Timnas U-23 vs Guinea di RCTI: Menang Tender

Timnas U-23 lawan Guinea akan disiarkan langsung di RCTI

Jakarta, IDN Times - Laga play-off Olimpiade 2024 antara Timnas U-23 lawan Guinea, Kamis (9/5/2024) sempat dikabarkan hanya disiarkan di FIFA+. Namun, baru-baru ini ada poster yang menyebut laga ini disiarkan di RCTI. PSSI angkat bicara.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga berujar, adanya siaran langsung di RCTI ini tak lepas dari keberhasilan federasi memenangi tender siaran yang disajikan FIFA. Tender itu berlangsung kisaran dua tiga hari lalu.

"Jadi mereka (FIFA) ada tender dua atau tiga hari lalu, dan memang sudah dapat pemenangnya, sudah diketahui juga ya bahwa itu (laga Timnas U-23 vs Guinea) bisa disiarkan di televisi," kata Arya dalam keterangannya kepada para jurnalis.

1. Hak siar laga dipegang oleh FIFA

PSSI Soal Live Timnas U-23 vs Guinea di RCTI: Menang TenderTimnas U-23 lawan Uzbekistan. (Dok. PSSI)

Arya bercerita, dalam proses memenangi tender ini, PSSI sempat mencari tahu siapa pemegang hak siar laga, bahkan selepas Timnas U-23 kalah dari Irak di Piala Asia U-23 2024.

Mengingat ini adalah laga play-off Olimpiade 2024, PSSI sempat dilanda kebingungan, apakah Komite Olimpiade Internasional (IOC) atau FIFA yang memegang hak siar. Ternyata, hak siar tetap dipegang FIFA.

"Ini kan play-off antar dua federasi, satu di Afrika satu di Asia, kami nyari ini, hostnya siapa, karena ini play-off Olimpiade, apakah IOC atau FIFA, ternyata FIFA. Langsung lah kita kejar FIFA," ujar Arya.

Baca Juga: Adu Hasrat Timnas U-23 Lawan Guinea Menuju Olimpiade 2024

2. Siaran tetap disiapkan oleh FIFA

PSSI Soal Live Timnas U-23 vs Guinea di RCTI: Menang TenderTimnas U-23 lawan Irak di Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Arya berujar, dalam lobi-lobi dengan FIFA, PSSI sampai mengungkapkan bahwa jika diperlukan, mereka akan mengirim tim produksi siaran langsung ke Paris. Ternyata, siaran laga itu sudah disiapkan FIFA.

"Kita sampai bilang kalau perlu kita yang produksi, artinya kita ke Paris untuk produksi siarannya, tapi mereka (FIFA) sudah menyiapkan siarannya, mereka mau menyiapkan siarannya kemudian mereka juga memberitahu kita mereka akan bikin tender," kata Arya.

3. Bisa disaksikan selain di FIFA+

PSSI Soal Live Timnas U-23 vs Guinea di RCTI: Menang TenderTimnas U-23 lawan Australia di Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa laga Timnas U-23 lawan Guinea ini hanya bisa disaksikan via FIFA+. Hal itu tak lepas dari adanya kabar laga ini digelar secara tertutup dengan alasan keamanan.

Bagi Timnas U-23 dan Guinea, laga ini jadi peluang terakhir mereka untuk tembus Olimpiade 2024. Laga ini juga akan jadi adu hasrat, siapa yang paling kuat ingin masuk ajang tersebut. Sekarang, adu hasrat itu bisa disaksikan langsung di layar kaca.

Baca Juga: Timnas U-23 Belum Kibarkan Bendera Putih

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya