Pujian Buat Dewangga Saat Timnas U-23 Lawan Guinea

Alfeandra Dewangga tampil impresif

Jakarta, IDN Times - Alfeandra Dewangga memang tidak tampil lama saat Timnas Indonesia U-23 bersua Guinea dalam laga play-off Olimpiade 2024, Kamis (9/5/2024). Namun, penampilannya solid dan layak mendapatkan pujian.

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong, baru menurunkan Dewangga pada menit 51, menggantikan Komang Teguh yang mengalami cedera. Alih-alih tegang dan mengalami jetlag, penggawa PSIS Semarang itu justru tampil prima.

1. Jatuh bangun Dewangga mengawal pertahanan

Pujian Buat Dewangga Saat Timnas U-23 Lawan GuineaAlfeandra Dewangga bersama Timnas U-23. (Dok. PSSI)

Meski tampil tidak sejak awal laga, Dewangga jatuh bangun mengawal pertahanan Timnas U-23. Beberapa intersep dan tekel dia lakukan. Bahkan, dia berkontribusi dalam beberapa serangan lewat umpan-umpan jauhnya.

Pada menit 73, Dewangga sempat membuat Timnas U-23 mendapatkan hukuman penalti, gara-gara tekelnya kepada pemain Guinea Algassime Bah. Beruntung, penalti Bah gagal karena mengenai tiang kanan gawang Timnas U-23.

Selepas insiden tersebut, penampilan Dewangga tidak terpengaruh. Dia tetap tampil solid dan penuh konsentrasi, sehingga gawang Timnas U-23 aman dari kebobolan sampai akhir laga, meski akhirnya kalah 0-1 juga.

Baca Juga: Janji Dewangga untuk Timnas U-23 Jelang Lawan Guinea

2. Warganet puji performa Dewangga

Solidnya performa Dewangga di laga lawan Guinea ini mengundang pujian dari warganet. Mereka menyoroti cepat padunya Dewangga dengan para pemain Timnas U-23 yang lain, meski baru beberapa hari bergabung di Prancis.

Tidak cuma itu, Dewangga juga mendapatkan dukungan dari warganet terkait tekelnya pada Bah. Mereka menyebut, tekel Dewangga itu bersih dan kena bola.

""Salah satu hal yang perlu disorot di laga Indonesia vs Guinea adalah Dewangga yang benar-benar sudah solid dan disiplin banget padahal baru latihan beberapa hari yang lalu," tulis salah satu warganet.

"Pelanggaran Dewangga tampak bersih, sliding tackelnya kena bola," timpal warganet lainnya.

Bahkan, pesohor Indonesia, Ibnu Jamil, sampai mengunggah video tekel Dewangga. Ibnu Jamil menilai tekel tersebut begitu bersih dan tak layak dihukum penalti.

"clear Jon!!!! keputusan wasit kacaaauuuu..tolong nasehatin wasitnya jon," tulis Ibnu Jamil di video yang diunggahnya.

3. Dewangga memang masuk proyeksi

Pujian Buat Dewangga Saat Timnas U-23 Lawan GuineaPemain PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga jalani operasi sehingga belum bergabung dengan Timnas U-23 di Dubai. (dok. PSSI)

Dewangga sejatinya masuk skuad Timnas U-23, yang diproyeksikan mentas di Piala Asia U-23 2024 silam. Akan tetapi, dia urung berangkat ke Qatar dan bergabung bersama skuad Garuda Muda karena cedera.

Alhasil, saat krisis bek melanda Timnas U-23 jelang lawan Guinea, Shin memanggil kembali Dewangga. Dia menjawab kepercayaan pelatih asal Korea Selatan itu dengan penampilan prima.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Rizky Ridho usai Timnas U-23 Gagal ke Olimpiade

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya