Pujian ke Jay Idzes dan Sorotan Buat Striker Timnas Indonesia

Kemenangan ini perpanjang napas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akhirnya mampu mengalahkan Vietnam. Dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024), Pasukan Garuda menang dengan skor 1-0.

Pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni, merasa kemenangan ini patut disyukuri. Meskipun hanya menang tipis, hasil ini tetap memberi tambahan tiga poin yang membuat peluang lolos ke fase berikutnya kembali terbuka.

"Pertahanan Indonesia yang kehilangan Jordi Amat dan Elkan Baggott, cukup mendapat ujian. Apalagi, posisi di bawah mistar gawang juga ditempati kiper cadangan Adisatryo," ujar Bung Kus (sapaan akrabnya) kepada para jurnalis.

1. Jay Idzes tangguh

Pujian ke Jay Idzes dan Sorotan Buat Striker Timnas IndonesiaJay Idzes setelah mengukir debut bersama Timnas Indonesia, Kamis (21/3/2024). (IDN Times/Tino).

Bung Kus juga memberi kredit khusus buat bek Indonesia, Jay Idzes. Dia tampil begitu solid di tengah absennya Elkan dan Jordi, sehingga membuat lini pertahanan Indonesia aman.

"Kredit tersendiri harus diberikan kepada bek debutan, Jay Idzes, yang tampil tenang, solid, dan percaya diri. Penampilan solid Idzes membuat persoalan di lini pertahanan bisa teratasi," ujar Bung Kus.

Baca Juga: Misi Timnas Patahkan Rekor Buruk 20 Tahun di Vietnam

2. Indonesia masih tumpul

Pujian ke Jay Idzes dan Sorotan Buat Striker Timnas IndonesiaSelebrasi Egy Maulana Vikri saat jebol gawang Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Meski menang, Bung Kus tetap menyoroti lini depan Indonesia. Hokky Caraka yang main sejak awal, kurang bisa memainkan peran sebagai target man. Dia juga melihat Ramadhan Sananta main kurang lepas. Alhasil, kehadiran Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye begitu dinanti.

"Mudah-mudahan, pada pertemuan berikutnya di kandang Vietnam kita sudah bisa memainkan Ragnar Oratmangun dan Thom Haye. Mereka berdua bisa membuat lini depan punya opsi lebih banyak untuk membongkar pertahanan lawan," ujar Bung Kus.

3. Indonesia geser Vietnam di grup kualifikasi

Pujian ke Jay Idzes dan Sorotan Buat Striker Timnas IndonesiaPotret Jay Idzes debut bareng Timnas Indonesia saat kalahkan Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Kemenangan ini membuat Indonesia sukses menggeser posisi Vietnam di di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia mencatatkan empat poin, hasil dari sekali menang, sekali kalah, dan sekali imbang.

Indonesia dan Vietnam akan bersua lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (26/3/2024). Laga ini akan dihelat di My Dinh National Stadium. Semoga tim Merah Putih mampu mempertahankan performa positif ini.

Baca Juga: Momen Kocak Sandy Walsh Kebingungan Diberi Ban Kapten Timnas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya