Rafli Mursalim Catat Sejarah, Pemain Indonesia Pertama Main di Kamboja

Rafli Mursalim resmi membela Nagaworld

Jakarta, IDN Times - Lagi, pemain Indonesia memastikan diri mentas di luar negeri. Kini, hal itu dilakukan oleh eks penggawa Timnas U-19, Rafli Mursalim. Dia resmi merapat ke klub asal Kamboja.

Klub yang menjadi tujuan dari Rafli adalah Nagaworld FC. Kepindahan Rafli ini pun sudah dia konfirmasi sendiri lewat akun Instagram pribadinya.

"Bismillah untuk musim yang baru," cuit Rafli.

Baca Juga: Staf Pelatih Timnas U-19 Soroti Pemain yang Mulai Takabur

1. Pemain Indonesia pertama yang main di Kamboja

Rafli pun mencatatkan sejarah yang unik dengan keputusannya ini. Dia jadi pemain Indonesia pertama yang merasakan atmosfer kompetisi sepak bola Kamboja.

Lazimnya, pemain asal Indonesia akan mentas di dua negara, yakni Thailand dan Malaysia. Rafli mengambil langkah yang berbeda dengan main bersama Nagaworld FC di Kamboja.

Baca Juga: Profil Hokky Caraka, Striker Andalan Timnas U-19 dari Gunungkidul

2. Upaya Rafli mengembangkan karier?

Nama Rafli mencuat dari Liga Santri. Dari situ, dia berkesempatan membela Timnas U-19 pada periode 2017 hingga 2018. Dia jadi pemain yang cukup tajam, tetapi ketika naik ke senior, kariernya meredup.

Dia pernah main di Mitra Kukar, Persija, dan Dewa United. Terakhir, dia main bersama Gresik United di Liga 2. Tercatat, Rafli juga hanya mencetak satu gol dari 24 laga di level perofesional sejak 2018.

Kepindahan ke Kamboja ini bisa jadi upaya Rafli memperbaiki karier. Namun, apakah Nagaworld jadi pilihan tepat?

3. Nagaworld baru dibentuk pada 2001

Nagaworld sendiri adalah klub yang baru dibentuk pada 2001. Awalnya, klub ini bernama NagaCorp FC. Namun, prestasi klub yang berasal dari Kampong Speu ini tak bisa dipandang remeh.

Nagaworld pernah jadi juara Liga Kamboja pada 2007, 2009, dan 2018. Mereka juga pernah meraih gelar Samdech Hun Sen Cup pada 2013, dan pernah mentas di AFC Cup pada 2017 dan 2019.

Dengan torehan ini, setidaknya Rafli Mursalim tidak pindah ke tim yang kelewat gurem. Dia diprediksi bakal menemukan tantangan baru di Nagaworld FC.

Baca Juga: Profil Cahya Supriadi: Jatuh Bangun Sang Juru Selamat Timnas U-19  

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya