Ratcliffe Pilih Southgate Sebagai Manajer Baru MU, Layak?

Mampukah Southgate atasi tekanan di MU?

Jakarta, IDN Times - Musim 2023/24 belum tuntas, tetapi pemegang saham Manchester United, Sir Jim Ratcliffe, sudah menentukan manajer favoritnya untuk musim depan. Dia memilih Gareth Southgate, menggantikan Erik ten Hag yang dianggap tak punya kapasitas di MU.

Dilansir Daily Mail, Southgate sudah mendapatkan dukungan dari internal MU untuk jadi manajer anyar musim depan. Selain dari Ratcliffe, dia juga dapat dukungan dari beberapa pemain MU dan calon Direktur Sepak Bola yang baru, Dan Ashworth.

1. Kontrak Southgate bersama Inggris habis Desember 2024

Ratcliffe Pilih Southgate Sebagai Manajer Baru MU, Layak?Gareth Southgate (instagram.com/england)

Tak heran MU ingin merekrut Southgate. Kontrak eks manajer Middlesbrough itu bersama The Three Lions akan tuntas pada Desember 2024. Mereka bisa mengupayakan Southgate datang usai Euro pada Juli 2024 mendatang.

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sejatinya ingin memperpanjang kontrak Southgate. Namun, meski sudah didesak, Southgate enggan menandatangani kontrak baru di Timnas Inggris. Dia belum mau membahas ini sampai Euro 2024 tuntas.

Baca Juga: Guardiola Jadi Calon Suksesor Southgate di Timnas Inggris

2. Terkesan dengan rekam jejak Southgate

Ratcliffe Pilih Southgate Sebagai Manajer Baru MU, Layak?Gareth Southgate (twitter.com/England)

Ratcliffe ingin merekrut MU karena merasa terkesan dengan rekam jejak Southgate saat menangani Timnas Inggris. Dia mampu membawa Inggris tampil di final Euro 2020, dan menang 57 kali dari 91 laga sejak 2016, termasuk tembus semifinal Piala Dunia 2018.

Tidak cuma itu, Ratcliffe juga terkesan dengan Southgate karena mampu membuat Inggris main atraktif. Dia juga tak segan mengorbitkan pemain muda ke Timnas Inggris.

3. Layakkah Southgate menangani MU?

Ratcliffe Pilih Southgate Sebagai Manajer Baru MU, Layak?Gareth Southgate (twitter.com/england)

Memang, torehan Southgate bersama Inggris ciamik. Namun, menjadi manajer Timnas dan klub tentu berbeda. Plus, pengalaman Southgate di level klub sangat minim. Dia hanya menangani Middlesbrough sejak 2006 sampai 2009.

Catatan ini harus jadi perhatian tersendiri bagi Ratcliffe. Sebab, menangani MU tentu menghadirkan tekanan tersendiri dibandingkan menangani Timnas Inggris. Ada potensi Southgate kesulitan menangani tekanan tersebut.

Baca Juga: Nasib Ten Hag di Manchester United Kini Bergantung Ratcliffe

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya