Respons 3 Pemain Naturalisasi Indonesia Soal Ejekan Vietnam

Apa kata para pemain naturalisasi?

Jakarta, IDN Times - Para pemain naturalisasi Indonesia merespons sindiran dan ejekan pemain Vietnam, soal Timnas Indonesia rasa Belanda. Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Rafael Struick, tak tinggal diam terkait ejekan tersebut.

Penggawa Vietnam, Do Duy Manh, mengejek Timnas yang menurutnya seperti tim Belanda. Lucunya, Duy Manh justru tidak masuk skuad Vietnam untuk laga lawan Indonesia akibat cedera.

Seperti apa respons dari para pemain naturalisasi ini mengenai ejekan dari Duy Manh tersebut?

1. Jay menolak dikotomi naturalisasi dan lokal

Respons 3 Pemain Naturalisasi Indonesia Soal Ejekan VietnamJay Idzes dalam sesi latihan Timnas Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Jay menegaskan sejatinya tak ada dikotomi antara pemain naturalisasi dan lokal. Secara pribadi, dia juga tak kenal dengan Duy Manh. Jay cuma bisa menegaskan semua pemain bersatu jelang laga lawan Vietnam.

"Yang bisa saya katakan, kami adalah kesatuan tim dan akan melakukan pekerjaan ini dengan baik bersama-sama. Kami satu dan akan melakukan yang terbaik. Saya tidak bisa mengatakan yang lain," ujar Jay.

Baca Juga: Jay Idzes Sudah Belajar Bahasa Indonesia, Ada Andil Keluarga

2. Nathan santai tanggapi ejekan

Respons 3 Pemain Naturalisasi Indonesia Soal Ejekan VietnamNathan Tjoe-A-On sah menjadi WNI. (Instagram/@nathantjoeaon).

Sedangkan, Nathan menanggapi sindiran Duy Manh dengan santai. Dia menuturkan perang urat saraf yang dilontarkan Vietnam adalah hal wajar, karena Indonesia dan Vietnam sama-sama mau menang.

"Ya, saya pikir persaingan di grup (Kualifikasi Piala Dunia 2026) menjadi lebih keras, jadi hal itu positif. Sebab, kami sedang bersaing menuju Piala Dunia. Kami hanya ingin fokus ke target itu," ucap Nathan.

3. Adanya naturalisasi akan membuat Indonesia lebih kuat

Respons 3 Pemain Naturalisasi Indonesia Soal Ejekan Vietnampotret Rafael Struick (instagram.com/rafaelstruick)

Di sisi lain, Struick membalas sindiran Vietnam dengan nada yang positif. Dia mengungkapkan, hadirnya beberapa pemain naturalisasi yang baru membuat Timnas semakin kuat.

"Saya pikir sindiran Vietnam itu tidak benar, karena kami memiliki beberapa pemain baru dan membawa kualitas. Tentu, mereka pemain baru dan kami harus mengenal satu sama lain. Saya pikir hal itu hanya akan memberikan hal bagus untuk tim," ujar Struick.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Ancam Posisi Shayne dan Pratama Arhan di Timnas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya