Comscore Tracker

Sambutlah Aleksey Miranchuk, Pahlawan Baru Rusia

Berkat Miranchuk, Rusia catatkan rekor

Jakarta, IDN Times - Setelah era Andrei Arshavin, Roman Pavlyuchenko dan Diniyar Bilyaletdinov tuntas, Rusia seolah kehilangan sosok pahlawan di timnas. Mereka tidak punya lagi pemain kaliber bintang, sampai akhirnya Aleksey Miranchuk datang.

Dalam laga kedua grup B Piala Eropa 2020, Rabu (16/6/2021) malam, Miranchuk mencetak satu-satunya gol yang membawa Rusia menundukkan Finlandia di Saint Petersburg. Berkat kemenangan ini, Rusia memperpanjang napas mereka di Euro 2020.

Tidak hanya itu, lewat gol ini juga, Miranchuk seolah ingin menunjukkan kepada publik Rusia, bahwa ia layak untuk menyandang status sebagai pahlawan Rusia.

1. Mirancuk jadi motor serangan Rusia

Sambutlah Aleksey Miranchuk, Pahlawan Baru RusiaAleksey Miranchuk. (twitter.com/TeamRussia)

Baca Juga: Bekuk Finlandia, Rusia Jaga Asa di Piala Eropa 2020

Selain mencetak satu gol di laga lawan Finlandia, Miranchuk juga menjadi motor serangan Rusia di pertandingan tersebut. Squawka mencatat, Miranchuk berhasil mencatatkan tiga kali chances created (penciptaan peluang).

Torehannya ini jadi yang terbanyak di antara pemain Rusia yang lain di pertandingan tersebut. Memang, di laga lawan Finlandia, Miranchuk tidak pernah berhenti untuk terus menciptakan peluang dan mencari celah di lini pertahanan Finlandia.

2. Miranchuk juga bersinar di level klub

Sambutlah Aleksey Miranchuk, Pahlawan Baru RusiaAleksey Miranchuk. (twitter.com/Squawka)

Sejak dibeli oleh Atalanta dari Lokomotiv Moskow pada awal musim 2020/21, Miranchuk memang sukses menunjukkan kualitasnya di bawah asuhan Gian Piero Gasperini. Ia kerap jadi pemecah kebuntuan skuat Atalanta.

Sepanjang musim 2020/21, Miranchuk berhasil mencetak sembilan gol dan tiga asis dari 36 laga yang dilakoni bersama Atalanta di semua kompetisi. Miranchuk juga berhasil menorehkan rataan umpan kunci sebanyak 0,9 kali per laga bersama Atalanta.

Satu hal lain yang menjadi nilai plus Miranchuk di Atalanta adalah keberaniannya mengeksploitasi area sepertiga akhir. Berkat pergerakan intensnya, Miranchuk kerap mengganggu fokus bek, sehingga pemain-pemain lain jadi memiliki ruang untuk berkreasi.

3. Miranchuk bawa Rusia menorehkan catatan apik

Sambutlah Aleksey Miranchuk, Pahlawan Baru RusiaFinlandia vs Rusia. (twitter.com/EURO2020)

Kemenangan Rusia atas Finlandia yang diciptakan Miranchuk ini membawa tim berjuluk 'Beruang Merah' itu pada sebuah catatan apik. Untuk pertama kalinya sejak 2012, Rusia mampu menang dalam laga Piala Eropa. Sebelumnya, mereka tidak pernah meraih kemenangan.

Dengan sisa satu laga lagi di fase grup, Rusia masih berpotensi untuk menambah torehan kemenangan di Piala Eropa 2020 ini. Tentunya, agar bisa meraih hal tersebut, mereka membutuhkan jasa dan kemampuan dari Aleksey Miranchuk.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Miranchuk Bersaudara, Duo Paling Dinanti di Piala Dunia

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya