Saran Shin Tae Yong Agar Timnas Indonesia Bagus: Kuatkan Lagi Liga 1

Liga 1 harus dibenahi demi Timnas lebih baik

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, memberi saran kepada PSSI agar ke depan skuad Garuda jadi lebih kuat. Dia berujar, Liga 1 sebagai kompetisi harus ditingkatkan lagi levelnya.

"Saya menyebutkan berkali-kali, liga di Indonesia (termasuk Liga 1) harus lebih kuat, sehingga Timnas dapat didukung oleh tingkat performa liga yang juga bagus. Perubahan ini diperlukan," ujar STY dalam sesi jumpa pers selepas laga lawan Australia.

Baca Juga: Shin Tae Yong di Antara Korea, Indonesia, dan Australia di Piala Asia

1. Jordi Amat harap Liga 1 tiru Piala Asia

Saran Shin Tae Yong Agar Timnas Indonesia Bagus: Kuatkan Lagi Liga 1Jordi Amat berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/jordiamat5)

Sebelumnya, pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat, juga berharap Liga 1 bisa meniru Piala Asia ini. Dia dibuat kagum oleh level Piala Asia yang begitu tinggi, plus dihiasi oleh venue-venue yang tidak kalah ciamik juga.

"Saya berharap liga seperti di Indonesia dan Malaysia mencoba mengikuti hal-hal baik yang sudah dilakukan di Piala Asia 2023 ini, masih ada momen untuk berkembang," ujar Jordi.

2. Jordi harap sepak bola Indonesia terus berkembang

Saran Shin Tae Yong Agar Timnas Indonesia Bagus: Kuatkan Lagi Liga 1Timnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Jordi melihat, saat ini Indonesia masih terus berkembang. Perkembangan itu dia rasakan seiring dengan performa yang ditunjukkan skuad Garuda di atas lapangan. Dia ingin, perkembangan ini terus dilanjutkan.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, kita berkembang setiap hari. Tapi kita harus terus berkembang, termasuk Liga 1, sehingga suatu hari nanti kita bisa mencapai tahap ini, seperti tim-tim lain di Piala Asia 2023," ujar Jordi.

3. Liga 1 saat ini terus berbenah

Saran Shin Tae Yong Agar Timnas Indonesia Bagus: Kuatkan Lagi Liga 1Pelatihan VAR untuk Liga 1 masih berlanjut. (Dok. PT LIB)

Liga 1 saat ini memang tengah berbenah demi kualitas yang lebih baik. Per pertengahan Januari 2024 saja, mereka sudah melakoni fase ketiga tahap 2.1 pelatihan Video Assistant Referee (VAR) yang diikuti 35 wasit dan 16 Replay Operator (RO).

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menargetkan, VAR bisa dipakai di putaran kedua Liga 1 2023/24. Hadirnya teknologi ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pertandingan liga, yang nantinya berujung peningkatan level Timnas Indonesia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya