Selangkah Lagi, Mimpi Ernando dan Komang Akan Terwujud

Ernando dan Komang ciamik

Jakarta, IDN Times - Perkara mimpi, terkadang dia bisa jadi sesuatu yang jauh atau dekat. Namun, jika terus memendam rasa percaya, mimpi itu akan tercapai. Itulah yang dialami Komang Teguh dan Ernando Ari bersama Timnas U-23.

Terbaru, Timnas U-23 baru saja memastikan satu tempat di semifinal Piala Asia U-23 2024, usai mengalahkan Korea Selatan di perempat final. Satu kemenangan lagi, skuad Garuda Muda dipastikan tampil di Olimpiade 2024.

Berkenaan dengan mimpi tampil di Olimpiade ini, ternyata hal itu pernah diutarakan oleh Ernando dan Komang bertahun-tahun lalu. Ya, ketika masih remaja, mereka berdua pernah memimpikan hal ini. Mereka pernah menuliskan mimpi ini dalam sebuah kertas.

Ternyata, itu ada kaitannya dengan Fakhri Husaini, eks pelatih Timnas Indonesia U-17. Kertas-kertas berisikan mimpi itu ditulis Ernando dan Komang saat masih berada di bawah asuhannya.

Baca Juga: Komang Teguh Bawa Timnas U-23 Pertebal Keunggulan

1. Mimpi dari 2018 yang terawat

Selangkah Lagi, Mimpi Ernando dan Komang Akan TerwujudPenampilan Kiper Timnas U-23 Indonesia, Ernando (Dok. IDN Times)

Fakhri mengenang, momen Ernando dan Komang menulis mimpi mereka itu terjadi pada 2018. Ketika itu, dalam sebuah sesi bersama psikolog, para pemain diminta menuliskan mimpi-mimpinya enam tahun ke depan, jelang Piala Asia U-17 2018.

"Itu waktu U-17 ketika kami lolos ke Piala Asia U-17 2018. Saat itu di Hotel Dorsett, Kuala Lumpur, sebelum laga pertama lawan Iran, saya bersama Bu Asti selaku psikolog membuat sesi classroom," ujar Fakhri kepada IDN Times.

Dalam sesi classroom itu, psikolog Timnas meminta semua pemain menuliskan apa saja yang mereka inginkan yang bisa mereka capai. Nah, Ernando dan Komang menuliskan mimpi mereka lolos Olimpiade Paris 2024.

"Sebenarnya yang mereka tulis itu, enam tahun dari tahun 2018, mereka sudah memikirkan itu, termasuk soal Olimpiade 2024," kata Fakhri.

2. Tak heran melihat Ernando dan Komang di Timnas

Selangkah Lagi, Mimpi Ernando dan Komang Akan TerwujudPSSI

Lebih lanjut, Fakhri berujar bahwa dia tak heran melihat Ernando dan Komang yang begitu apik di Timnas U-23 saat ini. Sebagai pelatih yang pernah menangani mereka ketika remaja, dia sudah paham betul talenta dari kedua pemain itu.

"Buat saya sih, saya tidak heran dengan potensi mereka. Termasuk Ernando dan Komang, mereka pemain berkualitas. Mereka semua sudah lewat proses yang panjang sedari remaja, dan semestinya Timnas memang harus lewat proses seperti itu," kata Fakhri.

3. Pesan Fakhri kepada para pemain Timnas U-23

Selangkah Lagi, Mimpi Ernando dan Komang Akan TerwujudAksi pemain Timnas U-23 saat berhadapan dengan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).

Lebih lanjut, Fakhri memberi pesan kepada para pemain Timnas U-23. Dia ingin para pemain ini tidak terlena oleh pujian, karena pujian-pujian ini pada akhirnya bisa jadi sesuatu yang memabukkan bagi mereka.

"Lupakan semua pujian, mulai kencangkan lagi tali sepatu dan ikat pinggang, bertarung lagi, dan berjuang lagi di setiap jengkal lapangan. Mereka harus memenangkan setiap medan pertempuran di atas lapangan," kata Fakhri.

Timnas U-23 akan melakoni laga semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024). Sudah ada Uzbekistan yang menanti mereka, dan jika mereka menang, mimpi Ernando dan Komang tampil di Olimpiade akan terwujud.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya