Seleksi Timnas U-16 Masuki Gelombang 2, Nova: Semoga Banyak Pilihan

Seleksi Timnas U-16 masuk gelombang kedua

Jakarta, IDN Times - Seleksi gelombang pertama Timnas Indonesia U-16 tuntas terlaksana. Pelatih Timnas U-16, Nova Arianto, mengungkapkan bahwa 32 pemain di seleksi gelombang pertama sudah dipulangkan, dan mereka sudah memanggil 32 nama baru.

"Hari ini, 32 pemain yang ada di gelombang pertama akan dipulangkan, kemudian masuk lagi 32 pemain lain untuk gelombang kedua. Mereka akan memulai seleksi satu hari setelah mereka kumpul lebih dahulu," ujar Nova, dilansir situs resmi PSSI.

1. Berharap lebih banyak pilihan pemain

Seleksi Timnas U-16 Masuki Gelombang 2, Nova: Semoga Banyak PilihanSeleksi Timnas U-16 bersama Nova Arianto. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Untuk seleksi gelombang kedua nanti, Nova berharap bisa menemukan lebih banyak pilihan pemain. Tentu, pilihan-pilihan pemain ini disesuaikan dengan kriteria tersendiri yang sudah dia tetapkan.

"Saya berharap bisa lebih banyak pilihan pemain di gelombang kedua, tentu dengan kriteria yang saya maksud sebelumnya, dari postur tinggi badan, kemampuan dan lain sebagainya," ujar Nova.

Baca Juga: Kisah Nova Arianto Jadi Pelatih Timnas U-16: Dipercaya STY

2. Seleksi gelombang pertama dipenuhi internal game

Seleksi Timnas U-16 Masuki Gelombang 2, Nova: Semoga Banyak PilihanPelatih Timnas U-16, Nova Arianto. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pada gelombang pertama, Nova langsung menggeber tes fisik dan selalu mengadakan internal game. Di hari-hari terakhir pun mereka mengadakan serangkaian kegiatan seperti sesi kelas psikologi dan pengenalan sesi kebugaran di pusat kebugaran PSSI.

"Saya dan staf pelatih selalu melakukan tes fisik serta menggelar internal game. Itu juga cara yang memudahkan kami dalam penilaian pemain. Karena mereka bisa langsung menunjukkan kemampuan individu dan kerja sama dengan rekan-rekan lainnya," ujar Nova.

3. Skuad final ditentukan setelah seleksi tiga gelombang

Seleksi Timnas U-16 Masuki Gelombang 2, Nova: Semoga Banyak PilihanSeleksi Timnas U-16 bersama Nova Arianto. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Untuk penentuan skuad final Timnas U-16 nanti, Nova menyebut akan mengkalkulasikan semua pemain yang ikut dari seleksi gelombang pertama hingga ketiga. Setelah gelombang ketiga, baru dia akan melakukan pertimbangan.

"Saya akan kalkulasikan lebih dahulu dari semua gelombang, karena kita masih melihat semua pemainnya dari gelombang satu hingga tiga. Nanti ya setelah gelombang ketiga selesai, baru kita bisa dapatkan pemainnya," jelas Nova.

Timnas U-16 pun sudah dinanti beberapa ajang besar di 2024 ini. Selain Piala AFF U-16 yang berpotensi dihelat di Indonesia, skuad Garuda Muda sudah ditunggu juga oleh ajang Kualifikasi Piala Asia U-17. Tugas Nova Arianto tidaklah mudah.

Baca Juga: Ini Kriteria Utama Nova Arianto Memilih Pemain Timnas U-16!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya