Sepakan Bebas Kapten Uzbekistan U-17 Terinspirasi Ronaldo

Cristiano Ronaldo jadi role model kapten Uzbekistan

Jakarta, IDN Times - Latihan khusus tendangan bebas jadi kunci kapten Uzbekistan, Lazizbek Mirzaev, menjelma penentu kemenangan di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 melawan Inggris. Ternyata, inspirasinya berasal dari bintang Al-Nassr, Cristiano Ronaldo.

Bermain di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (22/11/2023), Uzbekistan menang tipis dengan skor 2-1 atas Inggris. Kemenangan ini mengantarkan Uzbekistan ke perempat final.

1. Tendangan bebas Mirzaev begitu indah

Sepakan Bebas Kapten Uzbekistan U-17 Terinspirasi RonaldoInggris lawan Uzbekistan di Piala Dunia U-17 2023. (Dok. LOC Piala Dunia U-17 2023)

Tendangan bebas Mirzaev memang begitu indah. Dari jarak 20 meter, Mirzaev dengan yakinnya mengeksekusi bola mati. Sepakan Mirzaev yang keras membuat laju bola begitu deras, menukik, hingga melengkung, membuat gawang Inggris bobol.

"Tentu, saya sangat bangga dan bersyukur bisa jadi penentu kemenangan. Kunci sukses adalah karena kami melakukan latihan khusus sepakan bebas," ujar Mirzaev saat ditemui selepas pertandingan.

Baca Juga: Uzbekistan Siap Cetak Sejarah di Piala Dunia U-17 2023, Incar Juara

2. Meniru Cristiano Ronaldo

Sepakan Bebas Kapten Uzbekistan U-17 Terinspirasi RonaldoCristiano Ronaldo bersama Al Nassr. (twitter.com/Cristiano)

Mirzaev mengaku, Uzbekistan punya asisten pelatih yang khusus mengajari para pemain cara melakukan sepakan bebas. Selama latihan, para pemain Uzbekistan termasuk dirinya kebanyakan meniru teknik Cristiano Ronaldo.

Namun, dilihat dari gayanya, tak 100 persen sepakan Mirzaev seperti Ronaldo karena tekniknya bukan knuckle shot. Hanya saja, kecepatan dan arah laju bolanya mendekati.

"Ya, saya meniru Ronaldo. Saya sering melatihnya (sepakan ala Ronaldo) saat latihan," kata Mirzaev.

3. Uzbekistan wakili Asia di perempat final

Sepakan Bebas Kapten Uzbekistan U-17 Terinspirasi RonaldoInggris lawan Uzbekistan di Piala Dunia U-17 2023. (Dok. LOC Piala Dunia U-17 2023)

Buntut dari kemenangan atas Inggris, Uzbekistan jadi satu-satunya wakil Asia di perempat final Piala Dunia U-17 2023. Rekan-rekan mereka dari Asia macam Jepang dan Iran, sudah tumbang.

Ini juga jadi kali kedua Uzbekistan sukses merengkuh spot perempat final Piala Dunia U-17. Pada 2011 lalu, mereka juga sukses menembus babak delapan besar, saat turnamen ini dihelat di Meksiko. Total, dalam tiga gelaran terakhir, mereka selalu lolos fase gugur.

Baca Juga: Piala Dunia U-17: Uzbekistan Bekuk Inggris Karena Allah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya