Shin Tae Yong Jadi Kunci Timnas U-23 Kalahkan Korsel

Shin Tae Yong tahu luar dalam Korsel

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 punya potensi besar mengalahkan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. Ada satu kunci yang dimiliki Timnas U-23 untuk mengalahkan Korsel, yaitu Shin Tae Yong.

Pelatih Korsel U-23, Hwang Sun Hong, berujar bahwa keberadaan Shin sebagai pelatih Timnas U-23 jadi ancaman tersendiri. Selain itu, keberadaan para pemain keturunan juga layak jadi perhatian Korsel.

"Ada Shin Tae Yong di sana, itu yang membuat tim Indonesia kuat. Beberapa pemain naturalisasi di Indonesia juga punya kontribusi tinggi untuk tim dan efektif di skuad. Itu faktor terkuat bagi saya," kata Hwang dalam sesi jumpa pers jelang laga.

1. Pengamat juga berikan pandangan serupa

Shin Tae Yong Jadi Kunci Timnas U-23 Kalahkan KorselPotret Shin Tae Yong di pinggir lapangan saat Timnas Indonesia tekuk Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Sama seperti pandangan Hwang, pengamat sepak bola kenamaan Korsel, Park Moon Sung, menilai Korsel harus mewaspadai Shin. Sebab, dia merupakan sosok yang benar-benar mengenal sepak bola Korsel, karena pernah jadi pemain dan pelatih.

"Shin Tae Yong mengenal kami dengan sangat baik. Meskipun Anda belum pernah melihat profil masing-masing orang secara langsung, Anda dapat mengetahui semuanya dengan menggunakan kenalan Anda dan menanyakan seperti apa pemain tersebut," kata Park, dilansir YTN.

Baca Juga: Shin Tae Yong Gak Usung Misi Balas Dendam Lawan Korsel U-23

2. Akan ada perang psikologis antara Shin dan Hwang

Shin Tae Yong Jadi Kunci Timnas U-23 Kalahkan KorselPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. (IDN Times/Tino).

Park juga berujar, laga Timnas U-23 lawan Korsel nanti akan jadi perang psikologis antara Shin dan Hwang. Pemahaman apik Shin akan sepak bola Korsel akan jadi pertimbangan tersendiri Hwang dalam meracik taktik dan strategi.

"Karena Shin memahami segalanya, termasuk karakteristik individu, pelatih Hwang harus berpikir dua kali. Musuh mengenal kami dengan baik. Jadi bagaimana saya harus bersaing? Perang psikologis semacam ini akan menjadi poin yang sangat penting," kata Park.

3. Ragam kenangan STY saat melatih Korsel

Shin Tae Yong Jadi Kunci Timnas U-23 Kalahkan KorselPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong bersama kapten tim Rizky Ridho dalam sesi konferensi pers jelang duel melawan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024. (dok. PSSI)

Ikatan antara Shin dan Korsel, terutama saat menjabat sebagai pelatih, memang kuat. Dia pernah jadi pelatih Korsel dari berbagai level, mulai dari U-20, U-23, hingga level senior.

Shin Tae Yong juga pernah membawa Korsel lolos Olimpiade pada 2016. Tidak cuma itu, dia membawa Korsel juara Piala EAFF 2017. Sayang, pada 2018, dia dipecat lantaran Son Heung Min dan kolega terhenti di fase grup Piala Dunia. Kini, dia ada di Timnas U-23.

Baca Juga: Campur Aduk Shin Tae Yong Jelang Timnas U-23 vs Korea Selatan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya