Shin Tae Yong Sindir Keras AFC Jelang Timnas U-23 vs Irak

Shin Tae Yong terlihat masih kesal pada AFC

Jakarta, IDN Times - Kekalahan dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 tampak masih membekas di benak pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong. STY bahkan sampai menyindir AFC jelang duel lawan Irak.

Dalam sesi jumpa pers jelang laga, Shin menyebut jika sepak bola Asia ingin berkembang, AFC harus berlaku adil kepada semua negara. Sebab, dia melihat masih ada ketidakadilan yang dilakukan AFC.

"Di masa depan, jika AFC ingin mengembangkan sepak bolanya, harus ada rasa hormat yang mereka berikan secara rata kepada semua tim dan pemain. AFC harus netral pada semua tim, saling menghormati," ujar Shin dalam sesi konferensi pers, Rabu (1/5/2024).

1. Keadilan akan menciptakan rasa hormat

Shin Tae Yong Sindir Keras AFC Jelang Timnas U-23 vs IrakMomen Witan Sulaeman dilanggar bek Uzbekistan di kotak penalti, Senin (29/4/2024). (Dok. PSSI).

Shin menyatakan dengan keadilan itu, akan tercipta rasa hormat. Tidak berhenti sampai di situ, level permainan sepak bola di AFC juga akan meningkat. Itu yang jadi harapannya saat ini.

"Saya tidak memiliki niat untuk psywar ke AFC juga ya, termasuk memberi tekanan kepada mereka. Saya ingin mereka berkembang. Semua pemain, juga level permainan di AFC berkembang. Itu yang saya harapkan," kata Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Optimistis Timnas U-23 ke Olimpiade 2024

2. Harapan agar wasit adil di laga lawan Irak

Shin Tae Yong Sindir Keras AFC Jelang Timnas U-23 vs IrakPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong bersama kapten tim Rizky Ridho dalam sesi konferensi pers jelang duel melawan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024. (dok. PSSI)

Shin juga berharap wasit di laga Timnas U-23 lawan Irak nanti akan bersikap adil. Dengan begitu, duel akan berjalan asyik dan tidak berat sebelah, entah bagi Timnas U-23 atau Irak.

"Soal lawan Irak, ini adalah laga perebutan tempat ketiga. Semua tim tentu akan melakukan yang terbaik dan saya harap AFC menolong kami, agar laga ini bisa berjalan bagus," kata pria Korea Selatan tersebut.

3. Laga penentuan tiket ke Olimpiade

Shin Tae Yong Sindir Keras AFC Jelang Timnas U-23 vs IrakPotret Timnas Indonesia U-23 setelah kalah dari Uzbekistan, Senin (29/4/2024). (the-afc).

Selepas kalah dari Uzbekistan, Timnas U-23 akan bersua Irak dalam laga perebutan tempat ketiga, Kamis (2/5/2024). Laga ini akan dihelat lagi di tempat yang begitu akrab bagi Garuda Muda, yaitu Abdullah bin Khalifa Stadium.

Pemenang dari laga Timnas U-23 lawan Irak akan mendapatkan satu tiket Olimpiade 2024. Sedangkan tim yang kalah, harus mentas di play-off AFC-CAF melawan Guinea. Mampukah STY membawa Indonesia ke Paris?

Baca Juga: Irak Cari Obat Luka saat Jumpa Timnas U-23, Siap Menggila

Topik:

  • Satria Permana
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya