Spanyol Tembus Perempat Final Piala Dunia U-17 Usai Bekuk Jepang

Marc Guiu jadi pahlawan Spanyol

Jakarta, IDN Times - Spanyol meraih kemenangan dalam laga 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Bersua Jepang di Stadion Manahan, Senin (20/11/2023) malam WIB, Marc Guiu dan kolega menang dengan skor 2-1.

Spanyol menang atas Jepang lewat gol Quim Junyent ('8) dan Guiu (73'). Sementara, sebiji gol Jepang dicetak oleh Gaku Nawata (40') untuk Jepang. Kemenangan ini menjadikan Spanyol tim kedua yang lolos ke perempat final Piala Dunia U-17, menyusul Brasil.

Sejak awal babak pertama, Spanyol langsung tampil agresif dan menekan lini pertahanan Jepang. Upaya mereka berbuah manis pada menit delapan. Sontekan Junyent membawa Spanyol unggul 1-0 atas Jepang.

Unggul satu gol membuat La Rojita lebih nyaman membangun permainan. Dimotori Guiu di depan, ditambah dengan Junyent, Juan Hernandez, dan Pau Prim di tengah, membuat Spanyol mampu menguasai distribusi bola.

Tapi, Jepang tidak menyerah. Masih mengandalkan skema pertahanan yang kuat, Jepang sukses membuat Spanyol kesulitan, sekaligus memberikan tusukan berbahaya dalam beberapa kesempatan.

Upaya Jepang membuahkan hasil pada menit 40. Gaku Nawata berhasil menyamakan angka lewat sontekannya. Skor 1-1 tidak berubah sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan oleh Spanyol dan Jepang. Spanyol memasukkan Paulo Iago, Oscar Perez, dan Igor Oyana, untuk menambah daya gedor.

Jepang juga tidak tinggal diam. Mereka memasukkan Homare Tokuda, Rento Takaoka, Yutaka Michiwaki, hingga Ryunosuke Yada, dengan tujuan serupa. Beberapa pergantian ini sukses menjaga intensitas permainan.

Memasuki pertengahan babak kedua, Spanyol kembali memegang dominasi. Masuknya Iago dan Oyana benar-benar menghidupkan lini serang Spanyol, terutama dari sisi sayap. Kecepatan dan dribel kedua pemain ini sukses merepotkan Jepang.

Hasilnya, pada menit 73, Spanyol menambah gol. Umpan matang Junyent sukses dimanfaatkan Guiu menjadi gol lewat sepakan kaki kanannya. Skor berubah 2-1, dan hal ini bikin Jepang tersentak.

Dengan segala kekuatan yang ada, Jepang berusaha untuk mencari gol penyama kedudukan. Beberapa kali, mereka berupaya melakukan kombinasi, tetapi pada akhirnya hal itu urung berbuah gol. Kombinasi mereka acap tak berjalan baik.

Sampai laga tuntas, Spanyol sukses mempertahankan keunggulan atas Jepang. Mereka menang 2-1, dan menyusul Brasil ke perempat final Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: Marc Guiu, Wonderkid Barcelona Magnet Piala Dunia U-17

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya