SUGBK Disarankan Kosong 2 Pekan Jelang Timnas vs Vietnam

GBK harus steril dua minggu sebelum laga

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dalam waktu dekat. Rencananya, duel ini bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada 21 Maret 2024.

Pengamat sepak bola, Kesit Budi Handoyo, mengingatkan pentingnya kualitas rumput lapangan dalam pertandingan sepak bola. Dia mendorong agar tak ada penggunaan SUGBK setidaknya sebelum laga Indonesia vs Vietnam nanti.

"Kondisi lapangan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah pertandingan. Kita berharap kondisi rumput di SUGBK sudah sesuai dengan yang diharapkan sehingga laga berjalan baik," ujar Kesit dalam keterangan resminya.

1. Rumput bisa jadi baik, asal tak dipakai lebih dulu

SUGBK Disarankan Kosong 2 Pekan Jelang Timnas vs VietnamKetum PSSI Erick Thohir (kanan) saat meninjau geladi bersih laga Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (18/6/2023). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/YU

Untuk kualitas rumput, menurut Kesit dalam dua pekan rumput sudah bisa kembali baik, asalkan tidak digunakan untuk hal-hal yang sifatnya pengumpulan massa di satu titik dalam lapangan.

"Pengelola harus memastikan sejak hari ini hingga jadwal pertandingan Indonesia versus Vietnam tidak ada kegiatan apapun di SUGBK. Ini penting untuk menjamin perawatan atau penggantian rumput berjalan tanpa hambatan," kata Kesit.

Baca Juga: Daftar Lengkap 28 Pemain Timnas Demi Hadapi Vietnam

2. GBK harus beri perhatian pada rumput

SUGBK Disarankan Kosong 2 Pekan Jelang Timnas vs VietnamTimnas Indonesia U-20 vs Thailand U-20 di SUGBK, Jumat (26/1/2024). (IDN Times/Tino).

Senada dengan Kesit, Mohamad Kusnaeni menilai kualitas rumput penting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Dalam laga level internasional yang bertajuk Kualifikasi Piala Dunia, kualitas rumput harus prima.

"Kualitas rumput sangat penting dalam laga sepak bola. Apalagi, pertandingan berstandar internasional dalam agenda FIFA Matchday, memang menuntut standar tinggi soal kualitas lapangan," ujar pria yang akrab disapa Bung Kus itu.

3. Kondisi rumput SUGBK sempat menjadi sorotan

SUGBK Disarankan Kosong 2 Pekan Jelang Timnas vs VietnamPenyerang Argentina, Julian Alvarez (kiri), melepaskan sepakan yang coba dihalau bek Timnas Indonesia Elkan Baggott (kanan). (IDN Times/Tata Firza).

Kondisi rumput SUGBK sempat menjadi sorotan publik. Saat Timnas Indonesia U-20 melakukan uji coba lawan Thailand pada Januari 2024 lalu, beberapa titik rumput terlihat kuning dan permukaan rumput tidak rata.

Nah, jelang laga lawan Vietnam, ada waktu dua pekan buat PPKGBK selaku pengelola, menyiapkan diri. Jangan sampai, saat Timnas bertanding, rumput kembali terlihat kuning dan tak enak dipandang.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya