Tak Ada Beban Menang untuk Timnas U-17, Seri Sudah Cukup

Timnas U-17 cukup seri lawan Maroko

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-17 bakal melakoni laga penentuan lawan Maroko dalam penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023, Kamis (16/11/2023) malam di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Dalam duel ini, Timnas U-17 tak dibebankan sama sekali untuk bisa meraih kemenangan demi bisa lolos.

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti Tukiman, berharap setidaknya anak-anak asuhnya tidak kalah. Bima merasa hasil imbang sudah membawa skuad Garuda ke 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik.

"Pastinya, kami ingin menang, targetnya itu. Kalau situasi tidak bisa menang, minimal seri. Nanti soal hasil yang paling penting kami bisa lolos, bisa juara grup, runner-up, atau peringkat ketiga terbaik," ujar Bima.

1. Kondisi para pemain cukup apik

Tak Ada Beban Menang untuk Timnas U-17, Seri Sudah CukupPemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim, saat berlatih di Stadion Gelora 10 November Tambaksari (IDN Times / Fauzan)

Bima mengakui kondisi para pemainnya terbilang prima demi menghadapi laga kontra Maroko. Sulthan Zaky dan kawan-kawan mampu melahap menu latihan di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Rabu (15/11/2023) sore dengan ciamik.

"Kami sudah dua hari pemulihan. Alhamdulillah, pemain sudah siap dan bersyukur tidak ada yang cedera. Siapa pun yang dipercaya di laga nanti, mereka akan tampil 100 persen demi lolos ke fase gugur," ujar Bima.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bakal Diteror Suporter Irak, Shin: Nikmati Laga

2. Fokus Timnas U-17 tetap harus dijaga

Tak Ada Beban Menang untuk Timnas U-17, Seri Sudah CukupPemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim saat berusaha meraih bola dalam duel melawan Ekuador dalam laga Grup A Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Fauzan)

Bima mengingatkan para pemainnya untuk fokus sepanjang laga. Sebab, Maroko memiliki beberapa pemain yang berlaga di Eropa seperti Adam Boufandar (Juventus), Naoufel El Hannach (Paris Saint-Germain), Anas Alaoui (Frankfurt), dan Amine Ezzarhouni (Lille).

"Kami melihat Maroko tim bagus. Mereka memiliki organisasi bagus dan pintar mainnya. Counter attack juga sangat cepat. Saya lihat setelah pertandingan pemain lebih percaya diri dan yakin kami bisa," kata Bima.

3. Hitung-hitungan persaingan di Grup A Piala Dunia U-17 2023

Tak Ada Beban Menang untuk Timnas U-17, Seri Sudah CukupTimnas U-17 lawan Panama di Piala Dunia U-17 2023. (Dok. LOC Piala Dunia U-17 2023)

Maroko kini ada di posisi kedua dengan tiga poin, sedangkan Indonesia ada pada peringkat tiga dengan koleksi dua angka. Lalu, Ekuador berada di peringkat teratas berkat koleksi empat poin dari dua pertandingan.

Poin maksimal Maroko adalah enam jika mampu mengalahkan Indonesia. Sedangkan, Indonesia maksimal hanya bisa meraih lima poin. Meski sedang menempati posisi teratas, Ekuador nyatanya masih bisa tergeser. Mereka bukan tak mungkin kehilangan tempat di tahta klasemen jika kalah dari Panama dan Maroko menang.

Laga terakhir Grup A Piala Dunia U-17 2023 akan digelar bersamaan pada Kamis (16/11/2023) pukul 19.00 WIB di dua stadion. Timnas U-17 melawan kontra Maroko akan berlangsung di GBT. Sedangkan Ekuador melawan Panama di Stadion Manahan.

Baca Juga: Pelatih Panama Dukung Timnas U-17 Lolos Fase Gugur Piala Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya